Memahami Pengertian Bisnis Internasional

Bisnis merupakan suatu usaha yang dilakukan untung mendatangkan keuntungan dari segi materi, namun tidak hanya itu bisnis juga dilakukan dengan tujuan mendapat keuntungan dari segi lainnya, misalkan kepercayaan, kepuasan diri, aktualisasi diri dan sebagainya. Sedangkan internasional merupakan suatu cakupan yang tidak hanya terbatas pada satu daerah atau satu negara saja. dalam internasional melibatkan semua negara, tidak hanya satu atau dua negara tetapi juga banyak negara di setiap penjuru benua.

Dari dua penjelasan maka dapat kita simpulkan mengenai pengertian bisnis internasional, yaitu suatu yang dilakukan tidak hanya di dalam negeri saja tetapi dengan melibatkan banyak orang diberbagai negara. Ini artinya segala bentuk bisnis yang dilakukannya melewati kegiatan-kegiatan yang ada di batas negara. Proses bisnis yang dilakukannyapun tidak terbatas hanya kepada penjualan berupa barang-barang saja, tetapi lebih dari itu terdapat pula jenis industri jasa, periklanan, perbankan, komunikasi, transportasi dan lain sebagainya. Sedangkan menurut para ahli terkemuka dapat dibedakan mengenai pengertian bisnis internasional adalah sebagai berikut:

Menurut Charles WH Hill.
Bisnis internasional merupakan perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional Daniels,

Radebaugh dan Sulliva.
Bisnis internasional merupakan semua transaksi komersial baik oleh swasta maupun pemerintah diantara dua negara atau lebih.

Ball, Mc Culloch, Frantz, Geringer, dan Minor.
Bisnis internasional merupakan bisnis yang kegiatannya melampaui batas negara. Yang mencakup perdagangan internasional, pemanufakturan di luar negeri juga industri jasa diberbagai bidang.

Selain adanya kegiatan-kegiatan dalam proses transaksi antar negara, dalam bisnis internasional ini juga dikenal wadah-wadah atau jenis perusahaan yang turut mendukung akan kelancaran bisnis tersebut. Diantara jenis perusahaan dalam bisnis internasional ini seperti adanya perusahaan multidomestik yang merupakan sebuah organisasi dengan cabang dibanyak negara, merumuskan strategi bisnisnya sendiri berdasarkan kepada perbedaan-perbedaan dasar yang dipahami.

Ada juga dalam bentuk jenis perusahaan global yang merupakan organisasi yang berupaya untuk membakukan dan memadukan operasi-operasi di seluruh dunia dalam semua bidang fungsional. Dalam bentuk lainnya jenis perusahaan dalam bisnis internasional ini memerlukan berbagai usaha dan ketelatenan dalam melaksanakannya. Karena dalam berbisnis internasional ini akan mendapatkan berbagai halangan serta rintangan yang berbeda jika dibandingkan dengan bentuk perdagangan yang dilakukan dalam cakupan lokal atau dalam negeri.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi