Cara Mendidik Anak

Anak adalah sesuatu yang sangat berharga yang sudah Tuhan titipkan pada kita. Meskipun anak adalah titipan Tuhan, tetapi selaku orang tua kita wajib untuk mendidik mereka agar menjadi manusia yang benar dan berbakti pada kita. Baik atau buruknya generasi masa depan tentu berasal juga dari cara mendidik anak yang diterapkan orang tua. jika anak dididik dengan cara benar, maka ia akan menjadi orang benar. Pun jika anda dididik dengan cara salah, maka anak akan menjadi orang salah. Mendidik anak bisa kita lakukan sejak ia ada dalam kandungan dan utamanya sejak ia telah dilahirkan kedunia. Namun, bagaimana cara mendidik anak dengan benar?

Untuk mendidik anak, yang anda perlukan adalah sifat yang bukan menjadikan anak takut pada orang tua. akan tetapi, bangunlah sikap yang bisa membuat anak nyaman berada dekat anda dan mau mendengarkan anda. Untuk itu, anda bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut ini:

Hal yang paling utama dalam mendidik anak adalah menanamkan nilai agama. Agama sepertinya merupakan paket komplit yang didalamnya banyak ajaran tentang kehidupan yang baik. dengan mengajarkan nilai – nilai agama, anak akan diajarkan untuk mencintai Tuhan mereka. Jika mereka cinta dengan Tuhan, maka mereka akan menuruti apa yang diajarkan Tuhan. Dan ajaran Tuhan itu sangat baik untuk dijadikan cara dalam mendidik anak.

Orang tua adalah panutan anak. Saat anak sudah mulai suka meniru – niru perlakuan orang lain, maka ia akan sering melihat orang tuanya sebagai contoh. Oleh sebab itu, anda harus memberikan perilaku yang baik agar anak pun dapat meniru perilaku anda. karena walau bagaimanapun, orang tua adalah orang terdekat dan pertama yang anak lihat dan tiru perbuatannya, sehingga tidak salah jika ada pepatah yang mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Memberikan kesempatan pada anak untuk mengemukakan pendapatnya dan memperbaiki perilaku atau sikap anak yang dinilai kurang tepat. Untuk mewujudkan itu, anda harus menjadi orang tua yang “bersahabat” dengan anak. Tegas itu perlu, namun bersikap lebih bersahabat pun dapat membuat anak lebih nyaman.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi