Keanekaragaman kopi Nusantara

Kopi biasanya sering dijadikan teman bagi para karyawan yang sedang lembur kerja, atau bagi para pecinta bola yang rela begadang demi menonton club kesayangannya yang sedang melaga di layar televisi. Banyak kalangan yang menggemari kopi apalagi penyajiannya yang bervarians dan bisa dikombinasikan dengan bahan yang lain.
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi karena didukung oleh letak geografis dan kondisi tanahnya sehingga menjadi lahan yang baik untuk kopi. Bagi anda yang ingin berbisnis, bisnis kopi bisa menjadi salah satu peluang usaha yang baik. apalagi bila anda berada di daerah perkebunan, terutama perkebunan kopi. mengapa tidak banyak daerah di Indonesia yang menjadi daerah penghasil kopi, dimana masing-masing kopi tersebut memiliki cita rasa serta karakteristik yang berbeda di banding yang lainnya.



Berikut beberapa keanekaragaman kopi yang ada di Indonesia :

Kopi sumatera
Mulai dari daerah paling barat di Indonesia, yaitu sumatera. Ternyata daerah sumatera merupakan salah satu daerah penghasil kopi, bahkan kopi sumatera adalah salah satu kopi terkenal di dunia. Kopi sumatera yang terkenal berasal dari daerah sumatera utara dengan kopi sidikalang, lintong dan mandheling. kopi ini memiliki cita rasa yang berat. Beberapa para ahli kopi mengatakan bahwa kopi sumayera memiliki cita rasa sangat unik karena sarat dengan aroma rempah dan earthy. kopi sumatera berbentuk biji kecil, licin dan mengkilap.

Kopi sulawesi
Toraja merupakan daerah penghasil kopi di sulawesi dengan jenis kopi berkualitas baik. Kopi toraja memiliki rasa yang kuat dengan tingkat keasaman yang tinggi. Banyak kalangan yang menyebut kopi toraja sama dengan kopi sumaera namun tidak demikian karena kopi toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil, lebih licin dan lebih mengkilap. Selain itu meskipun bercita rasa asam tetapi kopi toraja memiliki aroma earthy yang lebih khas.

Kopi aceh gayo
Kopi gayo memiliki cita rasa pajit serta tingkat keasaman yang rendah, aromanya sangat khas. Kopi Aceh gayo ini merupakan penghasil kopi terbesar di Asia, karena memiliki cita rasa yang nikmat meskipun pahit namun menjadi pavorit masyakakat indonesia maupun dunia.

Kopi Bali Kintamani
Kopi ini memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar, karena tanaman kopi di daerah Kintamani Bali ini ditanam bersamaan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Selain itu kopi ini pun memiliki karakteristik lembut dan tidak berat.

Kopi Papua Wamena
Kopi ini bercita rasa ringan dengan tingkat keharuman yang tajam, tingkat keasaman yang rendah, serta ditanam melalui perkebunan organik tanpa bahan-bahan kimia.
kopi Flores Bajawa
Kopi ini tumbuh di daerah Ngada, tanah tempat kopi ini dihasilkan mengandung andosol dari abu gunung berapi, sehingga menjadikan kopi ini bercita rasa khas, dimana kopi ini sedikit memiliki cita rasa frutty dan sesikit bau tembakau.

Kopi Jawa
Kopi ini berasal dari daerah Jawa dengan cita rasa rempahnya yang khas. Meskipun tidak memiliki cita rasa dan beraroma kuat seperti kopi sumatera dan kopi sulawesi, namun kopi ini banyak disukai oleh para penikmat kopi karena memiliki aroma renpah yang rendah.
Demikian beberapa jenis kopi yang ada di Indonesia, jika anda berminat untuk berbisnis, terutama bisnis kopi, anda bisa memilih salah satu jenis kopi tersebut untuk peluang bisnis anda di masa depan.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi