Menjaga Kebersihan Mesin Kopi

Mesin kopi atau orang sering menyebutnya dengan istilah coffie manchine merupakan sebuah alat untuk menyajikan kopi dengan lebih mudah. Harga mesin kopi ini bervariansi tergantung kepada merk dan fungsinya. Mesin kopi atau coffe manchine ini sering di jumpai di kedai-kedai kopi maupun di restoran. bagi anda penggemar kopi, anda pun bisa membeli meain kopi ini dan menyimpannya di rumah. Dengan mesin kopi tersebut, anda bisa bereksperimen membuat berbagai macam olahan dari kopi sesuai serela anda.



Namun penting diperhatiakan bahwa untuk menjaga kebersihan mesin kopi serta menjaga kualitas kopi yang dihasilkan, anda harus rajin membersihkan mesin kopi anda. Kedengarannya memang sepele, namun hal ini sangat penting karena kita tidak tahu benda ataupun binatang kecil apa saja yang pernah berjalan-jalan atau masuk ke dalam mesin kopi anda, selain itu menjaga mesin kopi untuk selalu bersih tidak akan merugikan.
Sebenarnya tiap mesin kopi memiliki cara-cara tersendiri untuk dibersihkan, tergantung jenis dan ragamnya. Maka ketika anda hendak membersihkan mesin kopi anda, anda harus terlebih dahulu membaca petunjuknya agar anda tidak keliru.

Namun terlepas dari itu semua, berikut akan dikemukakan beberapa langkah membersihkan mesin kopi secara umum, diantaranya :

1. Pertama-tama anda harus membersihkan tempat masuknya kopi, yaitu mulut mesin kopi dengan menggunakan lap dan air hangat secara perlahan dan teliti.
2. Kemudian anda harus mengisi wadah kopi dengan air panas sebanyak 3 inci, untuk melarutkan sisa kopi yang larut di dalam lakukan hal ini minimal selama 3 jam.
3. Setelah itu anda bersihkan filter kopi dengan menggunakan air panas kemudian rendam filter tersebut di dalam air minimal 3 jam.
4. Selanjutnya bersihkan bagian shower kopi dengan memggunakan lap dan air hangat.
5. Kemudian anda harus membersihkan bagian luar mesir dengan menggunakan lap dan air hangat, lalu bersihkan kembali menggunakan kain kering.

Sebagai catatan : bilaslah semua bagian mesin kopi dengan menggunakan lap kering supaya mesin kopi anda tidak mudah berkarat disebabkan sisa air yang menggenang pada salah satu bagian mesinnya.
Demikian beberapa langkah membersihkan mesin kopi. Anda harus cermat menggunakan, membersihkan serta menyimpan barang-barang rumah tangga, terutamanya mesin kopi. Karena harga mesin kopi yang anda miliki tidaklah murah.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi