Cara Aman Bertransaksi Rumah Take Over Kredit Bank BTN

Sudah pernah mendengar istilah rumah take over kredit? Ya, take over kredit artinya pengalihan kredit rumah dari debitur lama ke debitur baru. Jadi debitur yang baru meneruskan kredit rumah yang dilakukan oleh debitur lama. Contohnya si A ingin menjual rumah kepada si B dan status rumah itu masih kredit kurang 3 tahun. Si B membeli rumah si A seharga yang diminta oleh A dan kemudian meneruskan kredit yang dilakukan oleh B selama 3 tahun lamanya. Itulah yang dinamakan take over kredit KPR. Dalam melakukan pembelian rumah over kredit, pembeli harus berhati-hati karena setiap proses mempengaruhi legalitas hukum dokumennya.

Supaya aman, sebaiknya pihak penjual dan pembeli melakukan transaksi di depan notaris. Kemudian keduanya mengatakan maksud untuk melakukan transaksi rumah take over kredit Bank BTN. Notaris akan membuat surat kuasa kepada pembeli untuk melunasi angsuran yang dilakukan penjualan dan memberikan kuasa atas sertifikat atas nama pembeli. Demi keamanan, penjual dan pembeli sebaiknya memberikan dokumen pendukung seperti fotokopi IMB, fotokopi PBB yang telah dibayarkan, fotokopi perjanjian kredit, fotokopi pembayaran angsuran dan data penjual serta pembeli seperti KK, buku nikah dan KTP.

Cara Aman Bertransaksi Rumah Take Over Kredit Bank BTN

Surat-surat pernyataan pengalihan kuasa dan kelengkapan dokumen sebaiknya segera diserahkan kepada pihak bank yang memberikan kredit. Jadi semua hak baik kepemilikan maupun pembayaran kredit sudah beralih ke pihak pembeli. Proses-proses ini cenderung aman karena dilakukan di hadapan notaris. Transaksi take over kredit ini sering dilakukan oleh beberapa orang mengingat ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti mendapatkan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman yang dilakukan sebelumnya.

Dengan transaksi over krediat, bisa juga memperoleh dana tambahan dari pinjaman yang baru. Tetapi ada pula kerugiannya seperti harus melunasi cicilan lebih cepat dan dikenai denda. Biaya pengurusan over kredit juga tidak bisa dikatakan sedikit.

Tertarik ingin melakukan transaksi rumah take over kredit? Sebaiknya pilihlah bank yang telah berpengalaman dalam bidang ini dan KPR seperti bank BTN. Pengurusan rumah take over kredit bank BTN lebih cepat, mudah dan aman.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar