Cara Memasak Martabak Telur Rumahan

Cara Memasak martabak telur memang sudah dikenal luas di penjuru nusantara. Namun, kebanyakan orang sekarang lebih membeli langsung di kedai martabak yang sudah banyak berbentuk franchise sehingga mudah ditemukan di banyak daerah. Hal ini membuat para ibu muda tidak tahu cara memasak martabak telur dan keseragaman rasa martabak franchise makin lama makin membosankan. Nah kali ini kami akan membagi resepnya kepada anda semua.

Martabak adalah makanan yang terdiri dari dua lapis yaitu kulit dan isi yang terbuat dari berbagai campuran seperti daging ayam, sapi, dan bahan lainnya sesuai dengan selera. Bahan yang dipakai untuk memasaknya mudah untuk dicari di warung ataupun pasar. Membuat martabak telur rumahan memberi jaminan higienis dan sehat, sebab memakai alat dapur yang bersih serta bahan-bahan pilihan dan mungkin anda tidak menggunakan MSG. Waktu persiapan bahan pembuatan martabak telur sekitar empat puluh lima menit. Waktu pembuatannya sekitar empat puluh lima menit.

Total waktu sekitar satu setengah jam. Berikut ini adalah bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan. Bahan untuk pembuatan kulit martabak telur ialah 150 gram tepung terigu, ½ sendok teh garam, minyak sayur dan air secukupnya. Bahan untuk isi martabak telur ialah, tiga siung bawang putih dan tiga siung bawang merah, cincang halus, satu butir telur bebek/ ayam (lebih banyak telur lebih mengembang) 150 gram daging ayam cincang, garam dan bawang daun secukupnya.

Cara Memasaknya sebagai berikut. Untuk membuat kulit buat adonan yang merupakan campuran tepung terigu dengan garam dan air yang di aduk hingga kalis. Jadikan bulat adonan tadi dan olesi dengan minyak sayur. Diamkan adonan tersebut selama setengah jam. Siapkan wajah berbentuk rata yang telah diberi minyak sayur secukupnya.

Tipiskan adonan lalu masak adonan pada wajan tadi diatas api kecil sambil menyiapkan bahan isian. Bahan isian tersebut merupakan campuran dari bawang putih, bawang merah, daging dan telur yang dikocok sampai rata. Tuangkan kedalam kulit yang sedang digoreng. Lipat adonan dengan baik dan perlahan. Masak sampai matang, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan acar, saus tomat dan sambal cabe.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi