Masakan Tahu Dengan Seribu Variasi Rasa

Tahu merupakan salah satu yang bahan masakan dari kacang kedelai. Di Indonesia terdapat beberapa jenis tahu diantaranya kerak tahu, tahu putih, tahu kuning, dan jenis tahu lainnya. Olahan masakan dari tahu sangat bervariasi mulai dari bahan sederhana sampai yang komplek. Kali ini kami akan berbagi salah satu jenis masakan dari tahu bernama tahu berontak yang di isi dengan daging.

Cara mengolahnya yang praktis dan rasanya yang nikmat menjadi salh satu olahan tahu favorit masyarakat. Bahan utama olahan ini mudah didapatkan. Tahu juga memiliki gizi yang cukup tinggi. Protein nabati dari hasil olahan kacang kedelai ini sangat bermanfaat. Ini sangat baik untuk kesehatan tubuh bagi mereka yang memakannya. Kandungan gizinya semakin meningkat setelah diisi dengan ayam. Berikut bahan utamanya. Sepuluh buah tahu putih ukuran sedang, dua sendok makan minyak untuk menumis bumbu, Minyak kelapa sawit untuk menggoreng.

Bahan isian diantaranya, Daging ayam cincang seratus gram, toge lima puluh gram, Daun bawang. Bumbu halus yang dibuat dari Bawang merah, Merica bubuk , Kaldu ayam bubuk , Garam . Saus dibuat dari Santan, Tepung beras, Tepung tapioca. Bahan bumbu halus untuk saus adalah Bawang putih, Kemiri sangrai, Ketumbar bubuk, Merica, Garam. Diawali dengan mengoreng tahu hingga warnanya agak kecoklatan atau setengah matang lalu tusuk dengan pisau agar terdapat celah untuk mengisi bahan isian. Masak bumbu halus dengan cara sampai tercium aroma harum lalu tumis bersama daging ayam.

Setelah matang masukan tauge dan bawang sampai layu. Tiriskan tumisan tadi kemudian diamkan. Ketika didiamkan buatlah bahan saus dengan mencampurkan Santan, Tepung beras, Tepung tapioca, Kemiri sangrai, Ketumbar bubuk, Merica, dan Garam. Masukan tumisan tadi kedalam tahu yang di iris. Celupkan tahu tadi kedalam saus sampai meresap. Setelah itu goreng hingga warnanya kuning keemasan. Angkat tahu berontak tersebut kemudian tiriskan. Sajikan bersama cabe rawit atau sambal pedas favorit anda. Demikian pemaparan salah satu resep berbahan dasar tahu ini semoga anda bisa membuatnya sesuai dengan selera anda.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi