Mengenal Google Adwords dan Fungsinya dalam Dunia Periklanan

Google adword memiliki peran penting dalam fungsi maupun manfaatnya dalam dunia bisnis di internet. Internet semakin berkembang dan menawarkan brand lewat internet menjadi salah satu cara yang efektif. Salah satu cara mengiklankan produk adalah dengan menggunakan Google Adwords yang merupakan platform periklanan dari mesin pencari Google. Dengan menggunakan platform ini, pengiklan bisa mengatur bisnis iklannya sendiri. Seperti mengatur tempat dimana iklan ingin dipasang di jaringan google, siapa saja yang menjadi target iklan dan bahasa apa yang ingin digunakan dalam iklan tersebut.

Saat ini Google Adwords banyak digunakan oleh pemasar online. Platform ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Kreativitas pemasang iklan juga tidak dibatasi. Mereka bisa dengan leluasa menyusun strategi pemasaran yang bisa membuat penjualan mencapai target yang diinginkan. Calon target bisa diraih berdasarkan topik, lokasi, waktu dan keyword. Budgetnya pun bervariasi dan sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan. Google AdWords sangat fleksibel dalam pembayaran. Pemasar dapat mengeluarkan budget yang sangat minim untuk mengiklankan produknya. Bahkan bisa membayar 50.000 rupiah per harinya. Ada beberapa cara pembayaran di Adwords yaitu pay per thousand impression, pay per click dan pay per conversion.
Mengenal Google Adwords dan Fungsinya dalam Dunia Periklanan
 Pay per thousand impression atau membayar biaya setiap 1000 impresi yaitu jika ada 1000 orang yang melihat iklan, maka pengiklan harus membayar dalam jumlah tertentu. Cara ini bagus untuk membangun awareness di pasaran. Bayar tiap klik atau pay per click (PPC) yaitu biaya harus dibayarkan tiap kali ada pengunjung website yang mengklik iklan yang dipasang. Kalau pengunjung hanya melihat iklan dan tidak mengkliknya, maka pengiklan tidak membayar.

Bayar tiap konversi (pay per conversion) yaitu pengiklan juga bisa membayar kalau target yang ditentukan telah dipenuhi. Target itu bisa berupa penjualan yang mencapai angka sekian, lama waktu kunjungan dan pendaftaran member. Cara ini dinamakan pay per conversion atau membayar setiap konversi.

Untuk menggunakan layanan adwords ini, pengiklan harus mengunjungi website adwords dan mengikuti langkah-langkah pendaftarannya sampai tuntas. Bisa juga dengan memanfaatkan Adwords Express yang merupakan cara cepat dan memudahkan pengaturan. Pengiklan bisa menggunakan jasa dari Inbounded untuk memaksimalkan layanan dari Adwords.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar