Nasi Liwet Masakan Khas Sunda Yang Favorit

Jawa barat merupakan sebuah provinsi yang berada pada pulau jawa yang beribukota di bandung. Jawa barat termasuk propinsi yang padat penduduk dan bisa dikatakan penduduk terbanyak setelah jawa tengah. Di jawa barat memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dari provinsi yang lain seperti oleh – oleh dan aneka masakan yang ada di jawa barat. Masakan di jawabarat disebut dengan masakan khas sunda. Masakan sunda ini memiliki banyak pilihan dan bermacam namun tetap memiliki rasa yang enak.

Aneka masakan sunda yang ada di berbagai daerah di provonsi jawa barat punya masakan tradisional masing – masing yang menjadi unggulan dan rasa yang enak juga. Salah satunya yaitu nasi liwet asin jamal yang menjadi masakan yang favorit yang selalu dipilih oleh para konsumen baik dari daerah jawa barat ataupun daerah luar jawa barat. Adapun cara membuat nasi liwet tersebut dan bahan – bahan yang diperlukan diantaranya sebagai berikut :

Pertama bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi liwet yaitu : Siapkan Beras 4 cup atau kaleng kecil Sediakan air secukupnya sesuaikan dengan banyaknya beras Siapkan 4 siung bawang merah Sediakan 1 ons asin jamal Margarin ½ sdm 2 sdt garam 1 blok kaldu ayam 2 batang sereh 7 lembar daun salam 10 buah cabe rawit. Cara pemnbuatannya yaitu cuci beras hingga bersih dan tambahkan air 2 buku ketika akan di pasak. Setelah itu iris bawang merah dan asin jamal sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian sereh di geprek dan cuci bersih cabe rawit serta daun salam. Kemudain tumis bawang daun dengan memakai margarin dan masukan asin jamal. Setalah itu masukan tumisan tersebut ke dalam rice coker atau panic. Setelah itu masukan bumbu seperti garam, sereh, cabe rawit, dan tumisan. Kemudian pasak dan aduk dengan rata. Setelah masak tunggu 10 menit dan nasi liwet pun siap di santap.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi