Resep Masakan Nusantara Gado Gado Betawi Enak Dan Nikmat

Aneka resep masakan Nusantara, gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang tidak akan ditemukan di negara-negara lain. Meskipun ada, maka cita rasa yang disuguhkan tentu akan sangat berbeda. Indonesia sangat kaya dengan berbagai macam bumbu yang serinh di sebutnya dengan rempah-rempah. Bahkan masakan Indonesia di akui dunia sebagai salah satu masakan yang banyak mengandung bumbu maupun rempah. Gado-gado merupakan salah satu aneka resep masakan Nusantara yang banyak digemari masyarakat.

Di setiap daerah, tentunya memiliki resep gado-gado sendiri. Begitupun dengan Jakarta, gado-gado Jakarta memang terkenal dengan kelezatan dan kenikmatannya. Gado-gado Betawi begitu sebutannya bagi gado-gado khas daerah Jakarta. Bila anda berencana membuatnya di rumah ataupun untuk acara-acara keluarga, berikut akan disajikan cara membuat gado-gado betawi yang lezat dan nikmat :

Bahan : - 50 gr tauge - 150 gr kangkung - 100 gr daun kol - 1 buah pare ( belah kemudian keruk bijinya dan potong-potong) - 1 buah labu ( rebus kemudian potongj-potong) - 1 tahu goreng - 1 tempe goreng - irisan telur rebus - bawang goreng (untuk ditabur) - kerupuk atau emping goreng Bahab saus gado-gado - 100 gr kacang tanah goreng - 2 buah cabai merah - 5 buah cabai rawit - 1 sdt garam - 1/2 sdt terasi - 1 sdm gula merah (di sissk halus) - 1 sdm air asam - 100 ml air matang Cara membuat : - pertama ambil wajan sedang kemudian isi air mentah secukupnya masukkan tauge, kangkung, daun kol, pare, labu kemudian panaskan dengan api sedang dan rebus semua sayuran tersebut setelah itu tiriskan.

Selanjutnya ambil ulekan masukkan kacang tanag yang telah digoreng, cabai merah, cabai rawit, garam, terasi, kemudian ulek semua bahan tersebut sampai lembut dan merata, tambahkan air asam pindahkan hasil ulekan tersebut ke wadah yang lebih besar kemudian tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambi terus di aduk. - kemudian campurkan semua sayuran yang telah diirisakn tadi, ditambahn tahu dan tempe goreng ke dalam saur kacang, aduk sampai merata sausnya ke semua arah.

Dan jadilah gado-gado. - sajikan piring, ambil beberapa sendok gado-gado tersebut pindahkan ke dalam piring, taburi dengan bawang goreng dan beri potongan telur rebus beserta kerupuk atau emping di sampingnya. - gado-gado betawi yabg lezat dan nikmat pun siap dihidangkan.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi