Senam Yang Bisa Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Ibu hamil tidak boleh duduk bermalasan, apalagi jika anda sudah memasuki trimester ketiga, anda harus rajin-rajin untuk menggerakan badan anda misalnya dengan berjalan-jalan di pagi hari, agar anda dan bayi anda sehat, selain itu anda bisa melakukan senam hamil. Senam ibu hamil berguna untuk melancarkan proses bersalin. Manfaat senam hamil yaitu bisa melatih pernapasan anda sehingga anda tidak kesulitan lagi mengatur pernapasan ketika proses melahirkan. Kemudianl bisa memperkuat otot dinding perut sehingga mengurangi rasa nyeri ketika proses kehamilan.

Setelah itu bisa melatih anda untuk bisa rileks. Karena relaksasi dibutuhkan bagi anda yang sedang hamil karena bisa mencegah stres, kemudian baik bagi perkembangan janin yang sedang anda kandung. Berikut ini merupakan gerakan-gerakan senam ibu hamil. Gerakan yang pertama yaitu senam kegel. Senam ini dilakukan untuk menguatkan otot-otot panggul anda. Senam ini bisa anda lakukan ketika anda sedang duduk, ataupun berdiri. Anda bisa melakukan nya selama 3 - 10 detik. Lakukan senam ini 4 kali dalam sehari. Gerakan yang kedua yaitu anda bisa melakukan jalan kaki.

Gerakan ini sangat bagus bagi anda yang sudah hamil trimeseter 3, karena bisa membantu posisi bayi masuk ke jalur lahir. Gerakan yang ketiga yaitu anda bisa jongkok yaitu anda bisa melakukan posisi berdiri sambil punggung lurus kemudian secara perlahan anda menurunkan badan anda sampai badan anda berada di posisi jongkok. Anda bisa menahan jongkok selama 10 detik setelah itu anda bisa berdiri lagi. Anda bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Gerakan senam ini berguna untuk memperkuat otot paha serta bisa meregangkan otot panggul.

Gerakan yang keempat yaitu anda bisa memiringkan panggul anda. Gerakan senam ini bisa menguatkan otot perut dan mengurangi rasa nyeri pada pinggang anda. Gerakan senam ini bisa anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini, anda melakukan posisi merangkak dengan posisi kepala yang sejajar dengan punggung. Kemudian kepala anda menengadah ke atas sambil menarik napas selanjutnya melepas napas. Gerakan senam ini bisa anda lakukan beberapa kali dalam sehari.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi