3 Makanan Tinggi Protein Dari Nabati

Sumber makanan yang mengandung protein dapat dibagi menjadi dua jenis, yang berasal dari hewan atau disebut protein hewani dan yang berasal dari tumbuhan atau disebut protein nabati. Untuk protein nabati dalam perkembangannya cukup populer terutama bagi mereka kalangan vegetarian (tidak memakan daging). Dan dalam variannyapun banyak juga yang dijadikan berbagai resep makanan, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan untuk menyantapnya. Banyak jenis makanan yang mengandung protein yang tinggi dari jenis nabati (tumbuhan). Dan semuanya mungkin sering menjadi bagian dari menu makanan anda setiap harinya. Diantara makanan yang mengandung protein yang tinggi yaitu:

Kedelai.
Kedelai merupakan salah satu makanan yang mengandung zat protein yang tinggi. Dalam proses konsumsinya kedelai dapat diproduksi menjadi berbagai jenis makanan. Diantara yang paling terkenal yaitu tahu dan tempe. Makanan khas yang banyak disukai masyarakat Indonesia ini mengandung banyak protein nabati yang berguna bagi tubuh. Selain zat protein, kedua makanan ini juga banyak mengandung zat gizi lainnya. Seperti karbohidrat, lemak, vitamin, dan berbagai macam zat lainnya. Bahkan dalam tempe terkandung pula komponen antibakteri.

Selain itu makanan ini bermanfaat terutama abagi kaum wanita yang mengalami anemia dan osteoporosis. Dua penyakit yang banyak terjadi pada wanita yang tidak mau makan karena takut tampil gemuk. Dengan mengonsumsi tempe ataupun tahu maka akan terpenuhi zat protein yang diperlukan oleh tubuh, sehingga produksi sel darah merah akan kembali normal dan mencegah timbulnya anemia. Namun hal ini harus juga ditambah dengan adanya karbohidrat, protein hewani dan zat lainnya yang berguna bagi tubuh.

Kacang merah.
Dalam kacang merah mengandung zat-zat gizi yang penting diperlukan oleh tubuh. Diantaranya karbohidrat kompleks, serat, asam folat, besi, fosfor dan tentunya protein. Kandungan protein dalam kacang merah dapat mempercepat perkembangan otot anda dan baik juga bagi kesehatan. Diantara manfaat kesehatan dari manfaat kacang merah yaitu membantu dalam pembekuan darah pada luka, mencegah akan resiko diabetes dan juga dapat menjadi salah satu menu diet bagi anda.

Jamur.
Makanan yang lezat ketika di sop atau di sayur ini menjadi salah satu sumber makanan yang tinggi akan protein. Selain kandungan protein jamur juga memiliki nutrisi lain seperti besi, selenium, kalium, tembaga dan nutrisi lainnya. Jamur juga memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga jika anda ingin menurunkan berat badan sangat cocok untuk mengonsumsi jamur.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi