5 Jenis Makanan Mengandung Protein Tinggi

Untuk menjaga keseimbangan dalam tubuhnya, manusia memerlukan berbagai asupan zat yang baik terhadap perkembangan tubuh dan metabolismenya. Oleh karena itu asupan gizi yang baik diperlukan dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Salah satu zat energi yang diperlukan yaitu protein, yang diperlukan dalam pembentukan masa otot, memelihara struktur jaringan tubuh, pendorong metabolisme, dan berbagai manfaat lainnya.

Zat protein dapat diperoleh lewat berbagai makanan yang sehat dan menyehatkan. Diantara makanan yang mengandung protein tinggi terdapat dalam beberapa makanan yang terdapat disekitar kita. Namun kali ini kami akan membahas hanya 5 jenis makanan yang kandungan proteinnya sangat tinggi dan makanan tersebut dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan keseharian kita:

Telur.
Telur merupakan jenis makanan yang mudah untuk ditemukan dan banyak orang yyang menyukainya terutama anak-anak. Kandungan protein dalam telur mengandung sekitar 6,3 gram protein, yang terbagi antara putih telur dan kuningnya. Putih telur sekitar 3,6 gram protein, sedangkan 2,7 gram terdapat pada kuningnya. Protein dalam telur memiliki kualitas yang baik, hal ini karena asam amino yang dimilikinya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian protein anda.

Daging.
Daging menjadi salah satu sumber protein yang diperlukan oleh tubuh karena dalam kandungan gizinya terdapat zat protein yang sangat tinggi. Namun kandungan protein ini akan berbeda-beda untuk tiap daging. Misalnya dalam 100 gram daging kambing terkandung 27 gram protein, atau dalam 100 gram daging sapi mengandung 14 gram protein. Sedangakan pada daging ayam dalam jumlah 100 gramnya mengandung sekitar 9 gram protein. Namun dalam daging ayam ketika dimasak usahakan jangan memakai kulitnya dan lebih baik jangan digoreng, karena akan banyak mengandung lemak.

Susu.
Minuman susu baik jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan, karena dalam secangkir susu terkandung zat protein sebanyak 8 gram protein. Selain itu juga susu mengandung zat gizi yang lain seperti kalsium yang cukup tinggi. Kalsium bermanfaat dalam menjaga dan menguatkan kepadatan tulang. Susu sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

Ikan laut.
Makanan laut atau sering disebut seafood mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh. Makanan inipun banyak jenisnya untuk diolah dan diproses menjadi makanan yang lezat dan nikmat. Namun diantara makanan laut atau ikan laut yang mempunyai zat tinggi akan protein yaitu ikan tuna, dan ikan salmon. Dalam jumlah yang sama, 300 gram tuna terdapat 22 gram protein, sedangkan dalam salmon mengandung 19 gram protein. Selain itu ikan laut memiliki asam lemak omega tiga yang baik untuk jantung. Kandungan lemak dalam ikan lautpun lebih rendah jika dibandingkan dengan lemak pad daging sapi atau kambing.

Kepiting.
Makhluk bercangkang ini memiliki banyak keistimewaan apabila dikonsumsi manusia. Selain rasanya yang lezat dan gurih kepiting juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dan baik sekali jika dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Selain manfaatnya yang besar dalam kepiting juga terdapat kolesterol yang cukup tinggi pula, sehingga bagi anda yang menderita penyakit ini diusahakan hindari dulu makanan dari kepiting atau mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi