Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Kebiasaan Baik

Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Kebiasaan Baik - Penyakit jantung merupakan penyakit tidak menular yang dewasa ini jumlah penderitanya semakin meningkat. Hal ini dikarenakan penyakit jantung bisa timbul dari jauhnya kita dari pola hidup sehat.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan inilah yang harus kita lakukan sejak dini agar terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya. Berikut ini cara mencegah penyakit jantung yang dapat dilakukan sebagai pola hidup sehari-hari.

Pertama, sarapan bubur gandum. Hal ini dapat membantu anda terhindar dari penyakit jantung. Dalam gandum terkandung beta-glucan, yakni serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat pemicu penyakit jantung. Kandungan beta-glucan ini dapat membentuk gel tebal seperti pasta yang mengikat kolesterol dalam usus dan dapat mencegah penyerapan ke dalam aliran darah. Dalam semangkuk bubur gandum terkandung 3 gram beta-glucan yang efektif menurunkan kolesterol sebesar 5%-10%.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Kebiasaan Baik

Kedua, bersihkan gigi secara teratur. Hal sepele namun dapat membantu anda terhindar dari penyakit berbahaya. Penyakit gusi seringkali dikaitkan dengan pengerasan arteri dan serangan jantung. Bakteri penyebab kerusakan gigi diyakini menjadi pemicu peradangan yang terkait dengan penyakit jantung. Para pakar kesehatan menyarankan anda rajin membersihkan gigi menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan pada sela-sela gigi anda. benang gigi juga dapat memecah biofilm yang memerangkap massa lengket bakteri.

Ketiga, Gunakan masker tidur. Penggunaan masker tidur ini untuk menghindarkan anda dari kurang tidur yang dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Jika anda tidak terbiasa mematikan lampu kamar saat tidur, maka gunakan masker tidur karena cahaya dapat menekan produksi hormon tidur melatonin.

Keempat, kurangi konsumsi gula. Konsumsi gula merupakan penyebab terbesar penyakit hipertensi. Dan penyakit hipertensi dapat memicu penyakit jantung. Mengurangi konsumsi gula merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung yang harus dimulai sejak dini.

Kelima, konsumsi yoghurt. Mengonsumsi semangkuk ‘bakteri baik’ atau probiotik dari yoghurt setiap hari dapat membantu anda menurunkan tekanan darah, terutama bagi anda penderita tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa bakteri baik dapat melawan proses inflamasi terkait penyakit jantung.

Mencegah penyakit jantung tentu akan lebih baik daripada mengobatinya yang pasti akan lebih rumit dan repot untuk dilakukan. Cara mencegah penyakit jantung sejak dini dapat diupayakan dengan berbagai metode dan cara tapi unsur yang paling penting adalah mampu menjalani sistem dan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat saatnya sudah harus diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari, karena telah terbukti mampu menjadi perisai tubuh yang ulung dari beragam jenis serangan penyakit yang mengancam, termasuk diantaranya ialah penyakit jantung, jenis penyakit berbahaya nan mematikan.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar