Cara Mengolah Sawi Dengan Baik

Tanaman sawi merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain rasanya yang nikmat, sawi juga berguna bagi kesehatan dan juga dapt digunakan sebagai kecantikan. Sehingga dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya menjadikan sayuran hijau ini menjadi favorit dalam keluarga. Pengolahannya pun cukup mudah karena dapat dikreasikan dengan berbagai macam bahan makanan lainnya, sehingga menghasilkan makanan yang lezat, nikmat serta bermanfaat.

Namun kebaikan dalam sawi ini dapat hilang karena proses pengolahan yang salah dan tidak sesuai dengan apa yang menjadi syarat pengolahan makanan yang benar dan baik. Untuk menghindari hilangnya manfaat dari tanaman ajaib ini, harus benar-benar mengetahui bagaimana cara pengolahan sawi yang baik dan benar. Berikut sedikit panduan bagaimana cara mengolah sawi agar rasanya yang enak dan kandungan zat baiknya tidak hilang.

Pertama, pengolahan dalam sawi yaitu menempatkan daun sawi pada wadah yang berisi air dingin, lalu cuci daun sawi. Usahakan mencuci beberapa kali hingga cucian terlihat bersih dan tidak ada lagi sisa kotoran atau pasir disana. Jika tidak ada wadah maka dapat langsung dicuci pada air yang mengalir (air kran), tetapi usahakan supaya dalam mencucinya tersentuh semuanya secara rata.

Kedua, ketika sawi dimasak sebaiknya dipasak dengan cara ditumis atau dikukus, karena sawi mengandung senyawa glukosinolat yang bersifat mudah larut dalam air. Dan jika harus direbus maka rebuslah ketika air sudah mendidih. Usahakan juga jangan terlalu agar kandungan zatnya tidak hilang.

Ketiga, khusus untuk sawi yang hijau dalam memasak sebaiknya digunkan juga daun yang sudah tua dan kalau bisa jangan memasaknya dengan batang sawi. Hal ini karena akan menyebabkan rasa yang pahit ketika dikonsumsi.

Keempat, jangan sekali-kali memasak kembali sawi yang sudah dimasak sehari sebelumnya karena selain mengurangi rasa enak dalam sawi juga ditakutkan kandungan zatnya menjadi hilang dan berganti dengan zat yang merugikan.

Pengolahan sawi yang benar akan mendatangkan manfaat bagi yang melaksanakannya. Namun jika salah maka kerugianlah yang didapat. Selamat Mencoba

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi