Cara Mudah Cegah Diabetes

Diabetes atau disebut juga penyakit gula, merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, mulai dari faktor keturunan, pola makan yang salah, malas berolah raga, sampai kepada hal yang lainnya. Berbagai pengobatanpun dapat dilakukan untuk mengobatinya, mulai dari yang medis sampai yang tradisional dapat dilakukan untuk mengobatinya. Tetapi tentunya semua usaha pengobatan tersebut akan kembali lagi kepada anda dalam melakukan pengobatannya.

Apakah rajin atau tidak dalam melaksanakan pengobatannya, sebab dalam pengobatan ini diperlukan usaha yang berkelanjutan. namun ada cara yang mudah dan praktis dalam mencegah penyakit ini, yang kegiatannya dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Diantara cara yang mudah dalam mencegah penyakit diabetes adalah sebagai berikut:

Banyak Makan yang mengandung Serat
Makanan yang mengandung serat banyak terdapat pada buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga umbi-umbian. Makanan berserat bermanfaat dalam mengontrol gula darah sehingga dapat mengurangi resiko penyakit diabetes. Tetapi juga bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan yang ideal dan proporsional. Diantara makanan yang dapat mengendalikan penyakit diabetes adalah dedak padi dan juga bekatul.

Menurunkan berat badan
Orang yang menderita penyakit diabetes biasanya menera yang cenderung kelebihan berat badan atau gemuk. Walaupun hal ini tidak mengindikasikan bahwa orang yang gemuk dan kelebihan berat badan berpenyakit diabetes. Karena menurut penelitian bahwa sekitar 80% penderita diabetes mempunyai kegemukan dan kelebihan dalam berat badannya. Orang yang dapat menurunkan kelebihan berat badanya secara baik dapat menjadi hal yang baik bagi kesehatan, selain itu dapat juga mengurangi resiko diabetes.

Mengurangi konsumsi gula
Penyakit diabetes selalu identik dengan gula atau makanan manis yang mengandung gula. Mereka yang terbiasa makan-makanan yang manis akan lebih beresiko terkena penyakit diabetes, dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi gula. Dalam tahap lanjutannya seseorang yang sering mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula akan mudah terkena penyakit diabetes dalam tipe dua (lanjutan yang berbahaya), apalagi ditambah berat badannya yang tidak ideal. Sehingga bagi anda yang terbiasa makan-makanan manis dan mengandung gula untuk mengurangi resiko diabetes lebih baik dikurangi.

Melakukan banyak kegiatan fisik
Hal yang sekarang mulai banyak ditinggalkan bahkan dikurangi yaitu kegiatan-kegiatan fisik yang sebenarnya sangat bermanfaat. Misalnya berangkat ke sekolah atau ke kantor yang walaupun dekat harus selalu mengendarai motor dan kendaraan lainnya. Ketika tubuh bergerak dalam berolahraga secara teratur maka akan banyak manfaat yang didapatkan. Olahraga dapat membantu untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, menjaga kadar gula darah, dan menyehatkan tubuh. Dengan olahraga juga akan berdampak pada penurunan berat badan, yang pada akhirnya akan mengurangi dalam resiko penyakit diabetes.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi