Jenis-Jenis Diabetes dan Pencegahannya

Banyak sebab yang menjadikan seseorang terkena penyakit diabetes. Dan diantara yang menjadi penyebab utamanya yaitu seringnya mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula berlebih. Mereka yang mengidap penyakit diabetes atau sering juga disebut penyakit gula, sangat beresiko dalam kesehatannya. Karena dengan penyakit ini dapat menyebabkan kecatatan, bahkan jika tidak tertangani dapat menyebabkan kematian. Namun penyakit diabetes yang dapat menyebabkan kepada kematian merupakan penyakit diabetes yang sudah pada tahap kronis., sehingga ada perbedaan dari jenis-jenis penyakit diabetes dan bagaimana pula cara mencegahnya. Penyakit diabetes dibedakan menjadi dua jenis.

Pertama, diabetes tipe I (insulin dependt diabetes), pada jenis ini pengidapnya tidak memproduksi insulin dalam tubuhnya. Sehingga untuk mengatasinya diperlukan suntikan insulin guna memelihara gula darah yang normal. Kedua, diabetes tipe II yaitu penyakit diabetes yang tidak tergantung kepada insulin. Maksudnya tubuh mereka dapat memproduksi insulin tetapi jumlahnya masih kurang dan cacat. Sehingga harus ada pengobatan ekstra dalam menyembuhkannya. Dalam pencegahan terhadap penyakit diabetes dapat dilakukan semenjak dini, karena penyakit ini dapat dikendalikan dalam melalui cara-cara yang biasa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari.

Misalnya aktivitas olahraga, olahraga yang sesuai dan selaras dengan kondisi tubuh dapat mencegah penyakit diabetes yang parah, karena adanya pengontrolan dalam berat badan yang normal ketika olahraga dilakukan. Hal yang lainnya seperti menyeimbangkan makanan, atau dalam pemberian obat-obatan yang dapat mempengaruhi terhadap jenis diabetes dan tingkat keparahannya. Selanjutnya menghindari faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab resiko terkena diabetes seperti, merokok, kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga obesitas.

Dengan pencegahan baik yang dilakukan terhadap kemungkinan datangnya diabetes, maka akan didapat manfaat-manfaatnya seperti tercapainya kadar gula darah yang baik dan tepat, terdeteksinya penyakit diabetes sedini mungkin, yang memungkinkan akan pengobatan yang tepat, dana juga dapat melakukan segala pencegahan terhadap faktor-faktor penyebab diabetes. Ada istilah “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”, ketika perbuatan yang dapat menyebabkan kepada diabetes sudah dilakukan maka resiko akan terkena penyakit inipun akan semakin berkurang. Jadi sudah seharusnya segala aktivitas yang membawa kepada kesehatan tubuh sering dilakukan sebagai bentuk alternatif dari pencegahan penyakit diabetes.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi