Macam-Macam Manfaat Dan Kandungan Sawi Putih Dalam Kesehatan

Tanaman sawi adalah jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di Indonesia, selain mudah untuk ditanam, tanaman ini juga mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sehingga banyak petani yang membudidayakannya. Tanaman sawipun banyak jenisnya, diantaranya sawi hijau, sawi putih, sawi jepun dan sawi pahit. Semua jenis tanaman sawi ini mempunyai keunggulan dan manfaat masing-masing yang berbeda.
Diantara sawi yang sangat bermanfaat adalah jenis sawi putih atau sering juga disebut Pak choy. Dalam sawi putih mengandung banyak zat besi dan magnesium yang berguna dalam stamina dan tenaga. Dalam bidang kesehatanpun sawi putih sangat bermanfaat dalam mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Diantara manfaat sawi yaitu sebagai berikut:

Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)
Kandungan vitamin K yang terapat dalam sawi sangat bermanfaat dalam mencegah pengeroposan tulang, karena dengan vitamin K dapat memaksimalkan dalam pnyerapan kalsium dan protein dalam tulang.

Menyembuhkan luka
Sawi banyak mengandung vitamin C yang hampir setara dengan jeruk, bahkan jika mengkonsumsi sawi satu cangkir sawi, cukup untuk memenuhi 59 % kebutuhan akan vitamin C. Sedangkan vitamin C bermanfaat dalam menyembuhkan luka dan menyehatkan kulit.

Mencegah anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah sering sekali terjadi terutama oleh ibu-ibu. Untuk itu mengkonsumsi sawi putih menjadi salah satu hal yang baik untuk dilakukan. Kandungan asam folat membantu dalam proses sintesis nukleoprotein, yang berfungsi dalam pembentuka n produksi butir-butir darah merah. Sehingga dapat mencegah kekurangan sel darah merah.

Mencegah penyakit jantung
 Penyakit jantung merupakan penyakit yang banyak membuat kematian tinggi pada manusia. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi sayuran sawi, dalam sawi mengandung banyak vitamin E, Vitamin C, dan Betakaroten yang bermanfaat dalam mencegah penyakit kolesterol dan penyakit jantung. Bahkan dengan mengonsumsi sawi secara rutin dapat mencegah serangan jantung, karena kandungan niasin yang berfungsi memperkecil proses ateroskerosis.

Mencegah diabetes
Penyakit diabetes atau gula, dapat teratasi yang banyak dialami oleh mereka yang mengalami kelebihan berat badan, dapat diatasi dengan mengonsumsi sawi putih rutin. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi dan kalsium yang terdapat dalam sawi. Sehingga menurunkan kadar kolesterol dan gula.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi