Makanan-Makanan Yang Dapat Mencegah Diabetes

Gaya hidup dan pola makan pada jaman sekarang yang sering memakan makanan yang instan, minum-minuman beralkohol, minuman bersoda dan yang lainnya merupakan contoh dari kehidupan yang bebas tanpa memperhatikan dampak ke depannya. Dari makanan tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya diantaranya yaitu penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit pada ketidakmampuan tubuh dalam menggunakan gula (glukosa) dalam darah.

Penyakit yang disebabkan karena kurangnya insulin atau sensitivitas insulin merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada manusia. Sehingga perlu adanya penurun dalam mengontrol tingginya gula darah dan pemproduksi insulin. Pencegahan dan pengendalian penyakit diabetes sebenarnya dapat dilakukan dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Diantara makanan yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes adalah sebagai berikut:

Oatmeal.
Oatmeal atau sering juga disebut dengan bubur gandum merupakan makanan yang mengandung serat yang tinggi, sehingga membantu dalam memperlambat penyerapan glukosa dan mengontrol gula darah. Gula darah yang terkontrol tentunya berdampak kepada pencegahan diabetes.

Kacang-kacangan atau biji-bijian
Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, kacang merah, dan kacang hijau banyak mengandung serat, dan protein tetapi memiliki kadar glukosa dan lemak yang rendah. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol. Selain manfaat untuk diabetes, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan yang lainnya.

Buah-buahan
Kadar vitamin C yang tinggi dalam buah-buahan seperti jeruk, lemon, jambu dan sebagainya bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mengontrol kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Ikan Jenis-jenis ikan seperti lele, nila dan salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, yang berguna dalam meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga bermanfaat dalam menurunkan resiko diabetes.

Teh hijau
Teh hijau yang alami dalam penyajiannya tanpa ditambahi dengan gula, dapat menyebabkan sensitivitas insulin dalam tubuh, dan dapat juga mengurangi proses peradangan dalam tubuh akibat konsumsi lemak yang tinggi. Hal ini dikarenakan zat flavonoid dalam teh yang berperan penting dalam pencegahan diabetes.

Sayuran hijau
Jenis-jenis sayuran hijau seperti bayam, sawi, kubis, selada dan sebagainya merupakan makanan yang tinggi akan serat dan rendah karbohidrat. Jika rajin mengkonsumsi sayuran hijau ini minimal satu mangkuk setiap harinya maka akan menurunkan resiko diabetes dan mengontrol gula darah.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi