Makanan Tinggi Protein Untuk Anak-Anak

Dalam mencapai kondisi tubuh yang ideal dan terjaga dalam kebrlangsungan hidup, seseorang memerlukan berbagai macam asupan makanan yang bergizi tinggi. Asupan makanan yang baik dan bergizi akan bergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Karena mengkonsumsi makanan secara bebas tanpa ada pengendalian, bukannya menjadikan tubuh sehat tetapi sebaliknya hal tersebut justru membuat tubuh menjadi rawan terhadap penyakit. Sehingga pengaturan makanan yang sesuai ditambah dalam asupan gizinya yang seimbang dapat menjadikan tubuh yang sehat dan kuat.

Makanan yang bergizi tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang sudah dewasa, anak-anakpun juga membutuhkannya sebagai asupan gizi dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Diantara zat gizi yang penting untuk dipenuhi oleh anak-anak yaitu protein. Asupan protein yang cukup bagi anak bermanfaat dalam membangun serta memelihara berbagai jenis sel dalam tubuh, selain itu protein berfungsi dalam pengendalian tubuh, sehingga jika anak kekurangan protein dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan. Karena pentingnya asupan protein bagi anak, maka anda sebagai orang tua harus dapat memilah dan memilih makanan tinggi protein untuk anak-anak anda. Diantara makanan yang mengandung proten tinggi untuk anak yaitu:

Telur.
Telur merupakan makanan yang bak bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Dalam telur mengandung nutrisi paling lengkap sebagai sumber protein. Protein yang terbesar pada telur terdapat pada putih telur dibandingkan dengan kuning telur. Tetapi harus diperhatikan pula bagi anak yang beresiko alergi sebaiknya jangan memberikan telur sebelum usia 2 tahun.

Daging.
Daging merupakan makanan yang cukup tinggi akan kandungan protein, mengkonsumsi daging bagi anak sangat disarankan terutama daging sapi, kambing ataupun domba yang termasuk kepada jenis daging merah. Selain protein dalam daging juga terdapat sumber vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh anak.

Seafood.
Banyak jenis makanan yang dapat anda peroleh dari seafood (makanan dari laut). Diantaranya salmon, udang, kepiting, agar-agar, dan yang lainnya. Dalam seafood terkandung protein hewani yang baik untuk tubuh, protein hewani ini amat baik dan dibutuhkan bagi anak terutama saat masa perkembangannya. Protein dari seafood ini juga mudah dicerna bagi sistem pencernaan anak.

Kedelai.
Kedelai merupakan makanan yang kaya akan sumber protein, sehingga baik sekali bagi anak-anak untuk dikonsumsi. Bagi anak-anakpun kedelai dapat diolah menjadi berbagai makanan yang sangat disukai anak, seperti tahu, tempe, susu kedelai dan aneka makanan lainnya.

Bayam.
Sayuran hijau yang mudah untuk ditemukan ini, menjadi salah satu penghasil protein yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak. Namun kadangkala anak-anak cukup sulit untuk mengonsumsi bayam, cara untuk mengatasinya anda dapat kreasikan daun bayam dengan berbagai makanan lainnya, sehingga menarik dan disukai anak.

Masih banyak jenis makanan tinggi protein untuk anak-anak, namun dalam pemenuhannya supaya anak-anak menyukainya kreasikanlah dengan jenis makanan lain, sehingga anak makin menyukainya.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi