Rahasia Istimewa Dibalik Pak Coy (Sawi)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sawi hijau yang beebentuk agak kecil seperti sendok atau sering disebut juga pak coy. Tanaman hijau yang sering menjadi salah satu lauk pauk dalam menu keluarga ini, banyak memiliki peminatnya, mulai dari anak-anak sampai dewasa pasti menyukai. Walau terkadang ada yang tidak menyukainya karena ada sedikit rasa pahit. Namun jika cara memasaknya yang benar dengan menambahkan bumbu-bumbu tertentu, maka rasa pahit ini akan dapat dihilangkan. Tanaman sawi atau pak coy memiliki banyak rahasia istimewa yang baik jika dikonsumsi sesuai dengan takaran. Diantara manfaat pa coy istimewa yaitu sebagai berikut:

Pak coy sangat baik untuk mengurangi kolesterol yang tinggi dan untuk pencernaan. Jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka sebaiknya anda rajin mengkonsumsi sayuran hijau ini. Kandungan serat tinggi yang terdapat dalam pak coy dapat memperlancar proses pencernaan, karena kandungan serat ini dapat mengikat asam empedu penyebab kolesterol yang mengeluarkannya bersama kotoran. Semakin banyak serat yang dikonsumsi maka akan semakin banyak pula empedu dan lemakk yang dikeluarkan oleh tubuh.

Sanagat baik untuk kesehatan mata. Jika selama ini anda mengetahui makanan sehat untuk mata hanya terdapat pada wortel, maka sesungguhnya ada makanan lain yang nikmat yang juga sangat baik untuk kesehatan mata anda. Sayur pak coy memiliki kadar vitamin A yang tinggi. Sebagai perbandingan konsumsi 1 cangkir sawi atau pakcoy cukup untuk memenuhi 84,9 % kebutuhan akan vitamin A.

Bermamfaat untuk pembentukan kolagen. Kolagen yaitu senyawa protein yang terdapat pada tulang rawan, dentin gigi dan kulit bagian dalam. Kolagen dapat terbentuk dengan adanya vitamin C, dan kandungan vitamin C pada pak coy dapat membantu dalam membentuk kolagen karena kandungan vitamin C nya hampir setara dengan vitamin C pada jeruk.

Mencegah penuaan. Bagi anda yang selalu ingin tampil awet muda dengan kulit yang sehat dan terawat, maka cara yang mudah dan nikmat konsumsilah pak coy / sawi. Karena kandungan vitamin E pada pak coy baik untuk kesehatan kulit, dan berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah penuaan.

Membantu dalam proses pembekuan darah. Kandungan vitamin K pada pak coy selain bermanfaat dalam memperkuat tulang, juga bermanfaat dalam proses pembekuan darah. Selain itu juga dapat membantu mencegah datangnya penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya masih banyak lagi rahasia istimewa dari pak coy, tetapi sebaiknya anda tidak juga mengkonsumsi pak coy secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan pastinya tidak bermanfaat. Atur pola makan dan menu saat mengkonsumsi pak coy, konsumsi pak coy yang dicampur dengan bahan makanan yang lain dapat bermanfaat dalam menghilangkan rasa bosan dalam mengkonsumsi pak coy. Semoga bermanfaat.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi