Tips-Tips Mencegah Penyakit Diabetes Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penyakit diabetes atau sering disebut penyakit gula darah, atau juga disebut kencing manis, merupakan penyakit yang banyak menimpa berbagai kalangan, tua ataupun muda dapat terkena penyakit ini. Bahakan anak-anakpun turut beresiko terkena penyakit diabetes. Tanda penyakit ini dapat terdeteksi dari meningkatnya kadar gula darah yang naik secara terus menerus, luka yang lama untuk sembuh, rasa malas dan lain sebagainya.

Penyakit diabetes merupakan penyakit penyebab kematian manusia yang posisinya ada pada urutan ke 4 di dunia. Sehingga perlu adanya cara yang menyeluruh dalam mengobati dan mencegahnya. Diantara perkara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini sangat mudah dan terdapat dalam keseharian kehidupan kita. Dan berikut adalah tips-tips mencegah penyakit diabetes dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah:

Mengkonsumsi kopi
Dalam minuman kopi terdapat antioksidan, asam klorogenat dan magnesium yang apabila dikonsumsi secara wajar dan teratur akan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, yang tentunya jika insulinnya baik maka diabetespun dapat terhindar. Namun jumlah konsumsi pada kopi jangan pula terlalu banyak karena dapat menyebabkan resiko penyakit yang lain. Untuk para penderita diabetes sendiri jika mengkonsumsi kopi diusahakan jangan memakai gula, tetapi diganti dengan pemanis lain yang lebih aman.

Mengkonsumsi gandum dan biji-bijian
Makanan yang terbuat dari gandum sangat baik dalam mencegah penyakit diabetes dan bagi mereka yang sudah terkaena penyakit ini. Olahan gandum seperti roti gandum, sereal dan makanan sejenisnya yang terbuat dari gandum sangat baik dalam mencegah penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi gandum dan vvarian lainnya seperti biji-bijian dapat pula memperlambat dalam penyerapan karbohidrat. Karena dengan karbohidrat yang banyak selain dapat menjadikan seseorang menjadi gemuk juga menyebabkan tingginya kadar gula darah dan kadar insulin dalam tubuh.

Meningkatkan aktivitas fisik
Hal yang mudah namun sudah mulai ditinggalkan olah banyak orang ini, sebetuknya sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit diabetes. Aktivitas fisik seperti aerobik, jalan kaki, joging atau lari-lari, dan bersepeda dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Makan sayur-sayuran
Makanan sayur-sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan bukan saja diabetes, penyakit lainpun dapat dicegah dengan rajin mengkonsumsi sayur-sayuran

Menghindari makanan atau minuman manis
Makanan atau minuman yang manis dan mengandung gula adalah makanan pantangan bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes. Karena makanan ini sangat mengandung gula yang tinggi dan berbahaya bagi penderita diabetes. Makanan dan minuman sejenisnyapun seperti minuman bersoda, diusahakan untuk dijauhi terlebih dahulu selama penyakit diabetes terdapat di tubuh.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi