5 Makanan Tinggi Protein Untuk Kreatifitas dan Kecerdasan Otak Anak

Ungkapan 4 sehat 5 sempurna menjadi hal yang harus diperhatikan dalam asupan makan bagi anak. Karena dengan konsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang diperlukan oleh anak-anak dalam menunjang tumbuh kembangnya, baik secara fisik maupun otaknya. Diantara berbagai nutrisi yang diperlukannya yaitu adanya protein dan juga lemak omega 3 yang membantu dalam membangun jaringan sel tubuh serta perkembangan otak yang maksimal.

Berbagai asupan makanan yang banyak mengandung nutrisi-nutrisi penting bagi anak bisa didapatkan dari berbagai makanan yang sebenarnya mudah untuk didapatkan disekitar anda. Bahkan jika anda berfikir bahwa makanan bernutrisi itu harus mahal, maka sebenarnya tidak seperti itu. Makanan mengandung protein tinggi dengan lemak omega 3 yang diperlukan dalam perkembangan anak banyak tersedia dengan harga yang relatif murah untuk didapatkan. Dan diantara jenis makanan tinggi protein yang baik untuk kreatifitas dan kecerdasan otak anak yaitu:

Jenis buah berries.
Berbagai jenis buah berries seperti blackberry, strawberry, blueberry, dan buah cherry sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak. Hal karena adanya kandungan gizi yang cukup untuk kecerdasan otak anak. Buah-buahan ini terkenal mengandung kadar antioksidan yang tinggi serta vitamin C yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Hal yang penting dan bermanfaat untuk anak dalam kandungan buah ini yaitu kaya akan asam lemak omega 3 yang berperan dalam daya ingat, serta kesehatan otak dalam membantu kecerdasan anak.

Biji-bijian.
Berbagai biji-bijian seperti gandum dan lainnya sangat bermanfaat bagi otak anak, hal ini karena otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang dapat dihasilkan dari kandungan serat yang dihasilkan oleh biji-bijian. Serat pada biji-bijian akan membantu dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin B dalam biji-bijian juga bermanfaat dalam menjaga sistem saraf supaya tetap berfungsi dengan baik dan sehat.

Susu dan Yogurt.
Susu dan produk olahannya terkenal memiliki kandungan protein tinggi dan vitamin B. Kandungan nutrisi ini merupakan hal penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan juga enzim. Dengan mengkonsumsi susu atau produk olahannya seperti yogurt dapat menjadi sumber energi bagi otak anak, selain itu dapat pula membuat perut bertahan dari rasa lapar karena adanya kandungan protein dan karbohidrat.

Sayuran.
Sayuran yang direkomendaikan bagi anak yaitu sayuran yang berwarna cerah, seperti ubi jalar merah, wortel, bayam, dan juga tomat adalah sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan yang membuat sel-sel otak tetap sehat. Oleh karena itu sangat baik untuk memperbanyak konsumsi sayuran terutama bagi anak-anak.

Kacang-kacangan.
Dalam kacang-kacangan terkandung protein dan karbohidrat yang kompleks. Selain itu dalam kacang-kacangan juga terkandung serat, vitamin, dan juga mineral. Kacang merupakan jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan dan fungsi otak, karena di dalamnya juga terkandung banyak asam lemak omega 3 seperti ALA. Salah satu jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi anak yaitu kacang merah.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi