Makanan Tinggi Protein Dari Nabati

Jika anda seorang olahragawan, baik itu binaragawan, atau seorang atlet, maka anda pasti sudah mengenal apa yang namanya protein. Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh terutama dalam menambah dan membentuk masa otot. Selain itu protein juga berperan dalam mengatur hormon yang baik dalam proses pencernaan dan berperan sebagai cadangan makanan juga energi dalam tubuh. Karena banyaknya manfaat dalam protein ini sehingga penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein.

Makanan yang mengandung protein dapat dibedakan dari dua sumber, yaitu protein dari hewan atau disebut protein hewani, dan protein yang berasal dari tumbuhan yang sering disebut protein nabati. Berdasarkan kandungannya protein dari hewan lebih banyak dalam kandungannya dari pada protein nabati, tetapi memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sedangkan protein nabati kandungannya lebih rendah namun kandungan lemaknya lebih rendah, bahkan tidak ada. Sehingga protein nabati ini lebih sehat dan banyak dikonsumsi terutama bagi mereka yang memilih vegetarian (tidak memakan daging) sebagai menu kesehariannya. Diantara makanan tinggi protein dari nabati adalah sebagai berikut:

Kacang kedelai
Kacang kedelai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dalam satu cangkir kacang kedelai terdapat sekitar 29 gram protein. Kandungan protein yang tinggi ini sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga bagi mereka yang sedang melakukan diet dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Selain kandungan protein yang tinggi kacang kedelai juga mengandung zat lain seperti isoflavon, asam phytc dan saponin yang baik untuk mengurangi potensi serangan jantung. Kacang kedelaipun dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti yang sudah umum yaitu tahu dan tempe. Bahkan sekarang ini sudah dibuat kreasi baru seperti susu kedelai.

Brokoli
Kandungan protein dalam satu cangkir brokoli terdapat 5 gram protein. Brokolipun merupakan salah satu sayuran sumber protein yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Karena selain protein brokolipun mengandung serat, mineral, vitamin, dan juga karbihidrat. Sehingga brokoli dapat anda masukan sebagai salah satu menu harian anda.

Gandum
Gandum termasuk kepada salah satu makanan yang berasal dari biji-bijian. Kandungan protein dalam gandum termasuk tinggi karena sekitar 9%. Namun ketika anda mengkonsumsi gandum maka sebaiknya agak dibatasi karena selain proteinnya yang tinggi, gandumpun mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dalam mengkonsumsinya sebaiknya dibatasi.

Bayam
Sayuran hijau yang banyak dikonsumsi dengan cara dibuat sayur atau menu lainnya mengandung protein yang cukup tinggi. Dalam satu cangkirnya mengandung sekitar 3 gram protein. Namun ketika anda mengolah bayam diharapkan tidak terlalu lama dalam memasaknya, karena hal ini dapat merusak nutrisi dalam bayam.

Kacang polong
Kacang polong menjadi salah satu sumber protein nabati yang cukup tinggi, karena dalam satu cangkir kacang polong mengandung sekitar 12-15 gram protein yang baik bagi tubuh.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi