Manfaat Makanan Tinggi Protein Bagi Yang Tidak Anda Ketahui

Protein merupakan zat yang paling utama yang sangat diperlukan tubuh. Sesuai asal namanya dari bahasa Yunani yaitu Protos yang artinya paling utama. Sedangkan dalam kandungannya protein tersusun dari berbagai nutrisi seperti nitrogen, oksigen, hidrogen, karbon, sulfur, dan fosfor. Oleh karena itu sangat baik jika kita menjadikan menu makanan yang mengandung banyak protein untuk kesehatan tubuh. Kecukupan protein bagi tubuh sangat diperlukan untuk kesehatan dan sebaliknya jika tubuh kekurangan protein maka akan berdampak pada tubuh yang sangat mudah untuk dihinggapi berbagai penyakit.

Misalnya penyembuhan luka yang sangat lama, penurunan imunitas tubuh, masalah pencernaan, kerusakan liver, dan rambut rontok. Dan bagi anak-anak yang kekurangan protein akan berdampak pada pertumbuhannya yang bermasalah dan tidak maksimal. Untuk menghindari berbagai masalah di atas maka asupan makanan tinggi protein sangat penting untuk dipenuhi. Berbagai sumber proteinpun sebenarnya sangat mudah untuk didapatkan, bahkan dengan harga yang murah, namun karena kurangnya pemahaman terkadang kita mengabaikannya. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui manfaat makanan tinggi protein bagi tubuh yang terkadang tidak kita ketahui. Diantara manfaat tersebut yaitu:

Sebagai alat pengangkut dan penyimpan.
Maksudnya protein yang terkandung dalam hemoglobin berperan dalam mengangkut oksigen dalam eritrosit, sedangkan protein dalam mioglobin berperan dalam mengangkut oksigen dalam otot.

Sebagai imunitas atau kekebalan tubuh.
Maksudnya protein berperan sebagai antibodi dalam melawan berbagai virus dan bakteri yang masuk dan menyerang tubuh.

Penguat tulang dan bermanfaat bagi kulit.
Dalam protein terdapat zat yang disebut kolagen. , adanya kolagen berfungsi dalam menjaga daya tahan dan penguat tulang, serta berperan dalam meregenerasi kulit yang rusak.

Mengatur kerja hormon.
Dengan teraturnya asupan makanan yang mengandung protein yang cukup maka akan membantu dalam mengatur kinerja hormon dan enzim dalam tubuh. Selain itu dapat juga membantu dalam proses penyembuhan luka dan regenerasi sel.

Membentuk jaringan pada tubuh yang rusak.
Hal ini karena adanya kandungan asam amino dalam protein sehingga dengan cepat membantu pembentukan jaringan pada tubuh.

Selain hal di atas masih banyak lagi berbagai manfaat dari makanan yang mengandung protein tinggi, dan untuk mendapatkan protein yang tinggi anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi daging, telur, dada ayam, ikan, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan makanan lainnya.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi