Pengertian Bisnis Internasional Dan Alasan-Alasan Untuk Melaksanakannya

Secara umum pengertian bisnis internasional adalah suatu transaksi atau kerjasama antara dua negara atau lebih yang dilakukan baik oleh perorangan maupun kelompok dalam suatu wadah perusahaan multinasional. Dalam bisnis internasional jika yang diperdagangkan mengenai barang maka akan ada yang disebut dengan ekspor dan impor. Ekspor maksudnya suatu barang yang dikeluarkan atau disupply ke luar negeri atas pemesanan atau permintaan suatu perusahaan atau negara lain. Sedangkan impor yaitu suau negara yang memesan barang dari luar negeri untuk negaranya dan negara yang dipesan akan mengirimkan barang ke negara pemesan sesuai permintaan. Dalam berbisnis internasional harus disiapkan akan segala hambatan yang menghadang, yang mungkin tidak ditemukan saat berbisnis di dalam negeri sendiri. Untuk itu sebelum menjalani bisnis internasional harus diketahui apa-apa saja yang dapat menjadi hambatannya:

Hambatan akan operasional, hal ini penting untuk diantisipasi karena operasional akan jauh berbeda pada setiap negara Faktor keamanan yang berbeda pada tiap-tiap negara, apalagi pada negara yang rawan akan kasus kekerasan dan pencurian

Perbedaan akan budaya atau adat tiap negara dan juga bahasa yang pastinya akan berbeda pula sehingga sedikit banyak harus dapat menguasai bahasa negara yang akan dikunjungi.

Keadaan politik atau peraturan-peraturan yang berbeda pada tiap negara, terutama dalam hal perdagangan yang dilakukan oleh orang asing di negara tersebut.

Beberapa kendala di atas dapat menghambat usaha anda dalam menjalankan bisnis internasional, sehingga kematangan dalam berfikir harus dipunyai sebelum mengambil langkah untuk bisnis secara internasional. Namun dibalik itu semua jika anda dapat menghadapinya dengan baik maka akan didapatkan keuntungan yang beragam dari berbisnis internasional. Diantara keuntungan-keuntungannya adalah sebagai berikut:

Mendapat keuntungan yang tentunya lebih besar karena adanya pasar/konsumen dan pelanggan baru yang lebih banyak

Dapat memperluas pasar anda dalam memasarkan barang atau jasa

Menambah rekan kerja atau partner baru dalam memasarkan produk anda

Pengalaman baru sebagai bekal ilmu baru dalam berbisnis

Ketika suatu usaha telah berjalan dengan lancar dan sukses maka jangan lupa ucapan syukur kepada pemberi nikmat. Dan tak lupa juga selalu menjaga kepercayaan pelanggan anda, mempertahankan sesuatu yang sudah sukses akan lebih sulit dibandingkan dengan membangunnya. Untuk itu tetaplah terus belajar dan semangat dalam berusaha dibarengi dengan doa.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi