Pengertian Bisnis Internasional Berdasarkan Cakupannya

Perdagangan atau niaga merupakan suatu aktifitas manusia yang berumur sudah sangat lama, dari jaman manusia mengenal perdagangan melalui penukaran barang dengan barang atau barter, pertukaran barang dengan uang, sampai kepada penukaran barang dengan cara sistem transfer. Dalam cakupannyapun berbeda-beda, ada perdagangan dalam cakupan lingkup daerahnya saja, cakupan negara dan lebih luas lagi dalam cakupan internasional yang melibatkan banyak negara. Melihat cakupan dalam bisnis tadi dapat diambil mengenai pengertian bisnis internasional yang berbeda. Diantara yang menjadi cakupan dalam bisnis internasional ini adalah sebagai berikut:

Cakupan ruang lingkup domestik atau lokal yaitu dalam bisnis yang dalam melakukan transaksi-transaksi atau aktivitas bisnisnya terbatas kepada wilayah lokal atau sebatas dalam negeri saja.

Cakupan ruang lingkup regional yaitu dalam bisnis yang berada dalam satu daerah kawasan, biasanya dengan beberapa negara dalam satu benua. Misalkan ASEAN, Erofa dan yang lainnya.

Cakupan ruang lingkup Internasional, yaitu suatu bisnis yang dalam ruang lingkupnya lebih luas lagi dari yang domestik atau regional, dan perdagangan yang dilakukanpun lebih jauh lagi dalam pemasarannya.

Cakupan ruang lingkup bisnis multinasional yaitu bisnis yang dalam memulai dengan memfokuskan pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan lalu perusahaan tersebut melakukan peranan baru atas perbedaan dan keunikan lingkungan dalam negara tadi, yag bertujuan untuk melakukan adaptasi pemasaran perusahaan pada kebutuhan dan keinginan yang baru dari pelanggan negara itu.

Cakupan ruang lingkup bisnis global atau transnasional yaitu suatu bisnis yang memfokuskan pada pengalaman, pemanfaatn aset, dan juga produk perusahaan secara global dengan melakukan penyesuaian pada apa benar-benar unik dalam setiap negara.

Melakukan bisnis yang dalam cakupan dan ruang lingkupnya lebih luas tentunya membutuhkan kesiapan dalam hal keberanian mengambil keputusan yang tepat di saat darurat dan juga ketelitian dalam mengelola bisnisnya. Semakin luas cakupan dan ruang lingkup dalam bisnis internasional maka akan semakin banyak pula tantangan yang dihadapi. Namun jika anda sanggup menghadapi dan melewatinya maka akan ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Hal ini karena secara tidak langsung anda telah mampu dalam membuat lapangan kerja.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi