5 Tips Membuat Pengamanan Instalasi Listrik Gedung

Memperhatikan bagaimana instalasi listrik yang terpasang merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama pada bangunan seperti pabrik atau gedung yang setiap hari banyak dilakukan untuk berbagai kegiatan. Khusus untuk instalasi listrik gedung dengan memperhatikan bagaimana dalam penggunaan dan penempatannya bisa menjadi hal yang sangat baik untuk dilakukan.




Penerapan dalam instalasi yang kurang baik tentunya dapat menjadi sumber utama dari bahaya yang ditimbulkan, bahkan kecelakaan seperti kebakaran bisa terjadi pada gedung tersebut jika kurang hati-hati dalam pemasangan dan pemilihan komponen listrik yang digunakan.


Oleh karena itu mengikuti bagaimana cara dalam pemasangan instalasi listrik gedung yang sesuai dengan aturan menjadi hal yang sangat dianjurkan. Dan untuk hal itu ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam membuat pengamanan instalasi listrik di gedung supaya terhindar dari kemungkinan berbagai bahaya yang mengancam :

1.  Gunakan selalu peralatan pengaman yang asli atau berlogo SNI.
Hanya karena harga yang murah maka anda membeli produk perlatan listrik yang palsu atau tanpa adanya lodo standar nasional Indonesia (SNI). Penggunaan yang seperti ini tentunya akan mengakibatkan resiko akan berbagai kecelakaan dalam listrik lebih besar dari pada menggunakan peralatan yang mempunyai logi SNI.

2.  Menghindari pemakaian steker yang bertumpuk pada satu stop kontak.
Saat adanya kegiatan yang besar pada suatu gedung seperti pernikahan atau sebagainya, sering kita melihat penggunaan satu stop kontak yang digunakan dengan steker yang bertumpuk banyak. Hal seperti ini tentunya akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan akan terjadinya kebakaran.

3.  Mengatur pemakaian stop kontak.
Dalam menggunakan stop kontak pada gedung terutama akan penggunaan alat elektronik, supaya lebih aman anda bisa menggunakan satu stop kontak untuk peralatan elektronik yang digunakan.

4.  Melengkapi instalasi listrik dengan kabel yang khusus.
Penggunaan kabel yang sembarangan juga dapat mengakibatkan akan resiko kesetrum atau kebakaran yang besar pula, untuk itu anda bisa menggunakan kabel khusus yang ditanam di dalam tanah untuk mencegah dari bahaya kesetrum dan yang lainnya.

5.  Jangan melakukan penyambungan kabel yang terlalu banyak.
Usahakan dalam membuat penyambungan kabel jangan terlalu banyak, jikapun ada untuk sambungan maka anda bisa melakukannya di dalam kotak sambung jangan di luar secara sembarangan.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar