Berbagai Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Memilki seorang bayi merupakan suatu anugerah bagi orang tua, karena dengan hadirnya bayi tentu suasana keluarga akan semakin hangat dan melanjutkan keturunan dapat terjadi. Untuk hal tersebut saat memiliki adany seorang bayi orang tua pasti tidak ingin melihat bayinya mengalami gangguan penyakit atau yang lainnya yang dapat mengganggu akan kenyamanan bayi. Salah satu yang sering mengganggu akan kenyamanan bayi ini yaitu gangguan perut kembung pada bayi terutama pada usia-usia awal pertumbuhan bayi.


Jika anda menemukan anak anda mengalami yang namanya perut kembung, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa penyebab. Misalnya yang sering terjadi secara umum yaitu pada makanan yang dikonsumsi, baik oleh ibu yang sedang menyusui atau oleh bayi sendiri. Selain itu dari berbagai makanan lain selain air susu ibu juga bisa menyebabkan perutnya mengalami kembung. Untuk bayi yang minum susu selain ASI perut kembung pada bayi bisa disebabkan dari dot yang dipakainya, apakah terlalu kecil atau terlalu besar, sehingga menyebabkan banyak udara masuk ke perutnya.

Saat bayi anda mengalami perut kembung sebagai orang tua anda tidak harus merasa cemas yang berlebihan karena untuk bisa menjadikan anak anda normal kembali tanpa mengalami perut kembung, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Meletakan bayi pada kasur dengan posisi tidur. Cara ini adalah cara pertama yang mudah untuk dilakukan oleh setiap orang tua terhadp bayinya yang mengalami perut kembung. Untuk lebih efektif anda dapat menggosok perut bayi secara perlahan menggunakan minyak telon supaya perut bayi merasa hangat.
Menggerakan kaki bayi. Untuk hal ini caranya setelah anda memberi minum susu kepada bayi, lalu gendonglah bayi pada posisi terlentang. Setelah itu angkat kedua kakinya dan gerakan secara perlahan dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Car aseperti ini dipercaya dapat memperlancar dalam membuang gas pada perut bayi.

Memijat punggung bayi. Selain melakukan pemijatan pada perut melakukan pemijatan pada punggung bayi juga dapat bermanfaat dalam mengatasi perut kembung bayi. Anda hanya perlu mengusap-ngusapkan punggunggnya dengan meletakan bayi pada kedua paha anda atau pada posisi bayi sedang telungkung.
Beri bayi air hangat. Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan perut kembung pada bayi dengan memberikannya sedikit air minum air hangat. Selain itu memandikannya dengan air hangat juga dapat mencegah perut kembung.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar