Wajib Anda Tahu, Inilah Berbagai Versi Wi-fi

Internet menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri lagi pada zaman serba cepat saat ini. Mencari informasi, mengirim pesan, berkomunikasi, mencari aplikasi, bahkan mendapatkan hiburan hingga game dapat diperoleh memlalaui internet. Saking besarnnya minat masyarakat pada internet hingga alat – alat komunikasipun dilengkapi fitur untuk koneksi internet. Image iternet harus menggunakan PC sudah tidak berlaku lagi, karena internet saat ini dapat di akses melalui mobile phone ataupun mobil komputer yang biasa disebut tablet.
Wajib Anda Tahu, Inilah Berbagai Versi Wi-fi
Aksese melalui internet pun beragam bisa melalui paket data yang disediakan operator seluler ataupun mealalui wi-fi. Wi-Fi adalah merek dagang yang digunakan oleh Wi-Fi Alliance untuk produknya. Wi-fi sendiri merupakan produk tenologi jaringan yang memanfaatkan gelombang radio untuk melakukan pertukaraan data dengan cepat dan dilakukan secara nirkabel (tidak menggunakan kabel), pertukaran data ini menggunakan peralatan elektronik. 

Cara kerja wi-fi ini yaitu menghubungkan alat elektronik seperti mobile phone, tablet atau PC kepada sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel yang biasa disebut hotspot. Biasanya hotspot mempunyai jangkauan sekitar 20 meter di dalam ruangan dan lebih luas lagi jika di luar ruangan. Titik akses yang ada di sebuah ruangan dapat berjumlah lebih dari satu sehingga dapat bertumpuk. Manun ketika kita akan melakukan koneksi internet kita hanya dapat menggunakan satu titik saja. 

Wi-fi memiliki beberapa versi dengan spesifikasi yang berbeda, berikut adalah versi dari wi-fi : 

IEEE 802.11a, dengan frekuensi band 5 GHz dan kecepatan 54 Mb/s 
IEEE 802.11b, dengan frekuensi band 2,4 GHz dan kecepatan 11 Mb/s 
IEEE 802.11g, dengan frekuensi band 2,4 GHz dan kecepatan 54 Mb/s 
IEEE 802.11n, dengan frekuensi band 2,4 GHz dan kecepatan 100 Mb/s 

Dari seluruh versi yang ada hanya IEEE 802.11a menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dari pada yang lainnya, oleh sebab itu daya jangkau IEEE 802.11a lebih sempit bila dibandingkan dengan yang lainnya. 

Biasanya ada beberapa titik kases wi-fi yang meminta pasword ketika kita akan menghubungkan perangkat elektronik kita, hal ini dalakukan untuk menjaga keamanan titik akses tersebut.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar