Alat Bantu Teknologi Kelautan Sangat Dibutuhkan

Indonesia merupakan salah satu Negara yang melimpah kekayaan lautnya. Dari mulai pesisir,pantai sampai lepas pantai pun bernilai jual yang tinggi. Pesisir pantai merupakan komoditas di bidang pariwisata. Eksotik pesisir pantai Indonesia terkenal ke manca Negara. Karena merupakan Negara kepulauan, Indonesia punya banyak pilihan tempat wisata bahari yang mempunyai keunikan masing-masing.
Alat Bantu Teknologi Kelautan Sangat Dibutuhkan
Ada yang memanfaatkan pasir putihnya yang menawan,menawarkan deburan ombak untuk olahraga air, keindahan bawah laut yang menakjubkan,dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak tempat wisata berupa pantai dengan berbagai keunikan dan kelas di berbagai daerah yang tersebar di wilayah Indonesia. Misalnya saja pantai yang berada di Bali, ada yang berkelas internasional seperti pantai nusa dua, kelas yang agak bagus seperti tanjung benoa, dan kelas biasa seperti pantai kuta. 

Supaya pantai-pantai tersebut (terutama pantai kelas biasa) memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, maka dibutuhkan alat bantu teknologi kelautan yang sesuai kebutuhan. Selain keindahan pesisir pantai, keanekaragaman hayati laut Indonesia pun menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan. Ada hasil tangkapan laut kita yang laku di pasaran dunia seperti Uni Eropa, Amerika, Hongkong, Jepang,dan China. 

Adapun komoditasnya seperti udang, ikan tuna,kepiting,ikan kerapu, dan rumput laut. Rumput laut Indonesia merupakan komoditas yang paling banyak yaitu menguasai hampir setengah budi daya rumput laut dunia. Hal ini benar-benar menakjubkan tetapi belum terasa manfaatnya untuk warga Indonesia secara umum. Misalnya, kita masih susah mencari ikan laut di pasar tradisonal yang terdekat denganrumah kita. 

Padahal letak laut masih satu kabupaten atau kota madya. Penyebabnya bukan stock yang tidak mencukupi melainkan alat bantu teknologi kelautan yang kurang memadai. Dengan demikian, alat bantu teknologi kelautan terlihat sangat dibutuhkan agar potensi laut kita bisa dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Apabila potensi laut Indonesia berhasil ditingkatkan, peluang menjadi Negara adi daya pun di depan mata. 

Bagaimana tidak? Warga Indonesia akan tercukupi asupan gizinya dengan mengonsumsi aneka ragam hasil tangkapan laut yang bernilai gizi tinggi dan devisa Negara pun semakin meningkat dari penjualan komoditas ekspor yang melimpah

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar