Bisnis Kuliner di Indonesia

Bisnis Kuliner di Indonesia
Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia yang wajib dipenuhi untuk bertahan hidup. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai usaha di sektor makanan di Indonesia. Oleh Karena itu, bisnis rumah makan atau restoran menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selama manusia hidup maka disitulah kebutuhan makanan diperlukan.Perkembangan bisnis kuliner semakin hari semakin masif di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Surabaya. 

Hal ini terjadi karena jumlah populasi penduduk yang semakin hari semakin banyak, jumlah kelas menengah keatas semakin banyak, dan tingginya sifat konsumtif pada masyarakat Indonesia. Banyak sekali jenis usaha kuliner yang dihadirkan oleh pengusaha kecil, menengah, maupun perusahan-perusahan besar. Para pengusaha berlomba - lomba menciptakan berbagai inovasi untuk menambah daya tarik pembeli. Contohnya restoran-restoran dengan nuansa penjara yang ada di kota Bandung dan Riau. Kalimat selamat data yang diucapkan berbeda dengan restoran – restoran pada umumnya. 

Setiap ada pembeli yang masuk, semua pelayan yang memakai baju tahanan mengucapkan kalimat “tahanan baru datang!”. Selain itu piring dan gelas yang digunakan pun memakai seng, terdapat tempat eksekusi mati sebagai tempat untuk berfoto, dan pembeli menyantap makanan sel yang dikelilingi jeruji besi. Konsep – konsep yang menarik ini menimbulkan rasa penasaran sehingga restoran ini menjadi sorotan pembeli. Selain tempat yang unik, beberapa pengusaha bisnis kuliner menyajikan pemandangan indah yang dapat dinikmati oleh pembeli atau memiliki khas makanan yang berbeda dengan restoran – restoran yang lainnya. 

Restoran yang seperti inilah yang menarik pembeli untuk berkunjung dan menjadi peluang bisnis kuliner yang menjanjikan di tengah maraknya bisnis kuliner di Indonesia. Banyak anak muda yang melakukan berbagai aktifias di tempat makan seperti di kafe – kafe. Mereka sering kali berdiskusi, kerja kelompok, bahkan mengerjakan tugas. Adanya sumber listrik yang memadai serta wifi gratis menjadi salah satu syarat utama dalam memilih kafe. Oleh sebab itu, para pengusaha bisnis kuliner banyak yang menyediakan sumber listrik dan wifi gratis untuk menarik anak muda mengunjungi kafe tersebut.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar