Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anak

Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anak
Merokok merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik. Mengapa demikian? Karena dengan merokok dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Bukan hanya bagi para perokok aktif saja, tetapi mereka yang menjadi perokok pasif (orang yang terkenan paparan asap rokok dalam waktu yang berkelanjutan) juga dapat merasakan akibat dari bahaya merokok, termasuk anak-anak yang seringkali sengaja atau tidak dengan sengaja menghirup asap rokok dari lingkungan sekitarnya.

Anak-anak yang masih berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada umumnya mempunyai sistem imun dan alat pernafasan yang masih berkembang dan rentan terhadap berbagai penyakit. Asap rokok dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi anak baik alam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang. 

Infeksi Saluran Pernafasan akut (ISPA) adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa akibat dari terkena paparan asap rokok yang terhirup dalam jangka panjang. Selain itu, asap rokok sekunder (kepulan asap yang terhirup oleh anak sebagai perokok pasif) juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan infeksi telinga tengah pada anak. 

Anak yang terkena paparan asap rokok(perokok pasif) dapat menderita batuk, mata pedas, kepala pusing, dan masalah pernafasan hidung. Merokok didalam rumah juga dapat mengakibatkan terjadinya kematian mendadak pada bayi. Dalam jangka panjang, asap rokok juga merupakan penyebab terjadinya keropos gigi pada anak, penurunan tingkat vitamin C, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Seorang anak yang hidup di lingkungan keluarga sebagai perokok aktif akan lebih mudah terserang penyakit asma dibandingkan dengan mereka yang hidup di lingkungan rumah yang bebas asap rokok. Di masa yang akan datang, resiko serangan jantung dan stroke juga dapat terjadi pada anak karena adanya kerusakan yang terjadi pada arteri berupa penebalan dinding pembuluh darah. 

Resiko terkenanya penyakit kanker, terutama kanker paru-paru, kanker otak, dan meningitis menjadi sangat besar bagi anak yang banyak terkena paparan asap rokok dalam waktu yang lama. Dan untuk menghindarkan anak dari berbagai resiko buruk dari asap rokok, maka memulai hidup sehat tanpa rokok adalah jawaban yang paling tepat.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar