Kriteria untuk Menjadi Universitas Terbaik


Kriteria untuk Menjadi Universitas Terbaik
Universitas sebagai sebuah lembaga atau institusi pendidikan tinggi dan penelitian, institusi ini memberikan gelar akademik untuk berbagai bidang. Untuk meciptakan masyarakat akademik yang maju perlu ada tolok ukur untuk dijadikan sebagi acuan keberhasilan sebuah universitas. Dalam hal imi adalah universitas terbaik di Indonesia, Asia, maupun Dunia. 

 Pada dasarnya, akreditasi internasional merupakan syarat mutlak harus dicapai oleh perguruan tinggi untuk menjadi terbaik di indonesia maupun di tingkat global. Banyak kriteria yang bisa dijadikan parameter untuk menjadikan sebuah universitas terbaik di Indonesia maupun dunia. Berikut ini parameter yang menjadi patokan dalam bagus tidaknya sebuah universitas: 

1. Lulusan kerja Parameter lulusan kerja ini dilihat pada kualitas akademik, kemampuan lulusan dalam bekerja secarapada sebuah kerja tim yang heterogen, kemampuan lulusan untuk mempresentasikan, dan untuk mengelola sumber daya dan proyek. Parameter ini dilihat dari berbagai survey terhadap para pemilik modal, tingkat kerja lulusan, maupun tingkat dukungan pada layanan karir. 

 2. Kualitas Penelitian Parameter kualitas penelitian supaya mencapai akreditasi yang bermutu ini juga berisikan penilaian kualitas di neraga tersebut, beragamnya penelitian perguruan tinggi berdasarkan jumlah jurnal baik nasional maupun internasional, kutipan yang digunakan oleh para akademisi luar pada penelitan, dan penghargaan yang diterima oleh universitas. 

3. Kualitas Pengajaran Kualitas ini merupakan universitas dalam memberikan pemikiran yang berorientasi ke depan, menginspirasi generasi yang akan datang mengenai potensi berbagai riset akademik. Parameter ini lebih menitikberatkan pada penilaian kualitas pengajaran internal, kolasi umpan balik dari para mahasiswa, dan menyurvei mahasiswa secara menyeluruh di universitas dan rasionya pada setiap fakultas. 

4. Infrastruktur Pengelolaan dan ketersediaan infrastruktur universitas merupakan sebuah parameter yang membuat mahasiswa bisa tahu apa yang akan dilakukannya ketika menimba ilmu di universitas tersebut. Itulah berbagai parameter yang menjadi ukuran dalam menilai sebuah universitas terbaik di Indonesia. Sebagaimana kita tahu bahwwa dalah satu Universitas yang memiliki penilaian cukup bagus dengan kriteria di atas adalah Universitas Indonesia (UI). Pada universitas tersebut, nilai untuk ke-empat kriteria sangat tinggi. Maka dari itu, tak salah jika UI menjadi barometer keberhasilan sebuah universitas terbaik di Indonesia.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

3 komentar: