Keunikan dari Pulau Komodo

Pulau komodo merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo ini sudah terkenal dengan habitat asli komodo. Pulau ini juga adalah kawasan taman nasional komodo yang diurus oleh pemerintah pusat. Pulau ini berada di sebelah timur sumbawa yang dipisahkan oleh selat sape. Secara admistrasi, pulai ini juga termasuk wilayah yang berada dikecamatan komodo kabupaten manggarai barat dan provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia. Pulau komodo adalah pulau yang berada di pulau ujung paling barat NTT yang berbatasan langsung dengan provinsi NTB. Di pulau ini, komodo bisa hidup dan berkembang biak dengan sangat baik. Sampai tahun 2009 di pulau komodo ini sudah terdapat 1300 ekor hewan kmodo. 



Belum lagi ditambah dengan yang ada di pulau lain seperti gili motan dan rinca. Jadi jika di total jumlah keseluruhan hewan komodo yaitu 2500 ekor. Selain itu terdapat juga 100 hewan komodo yang berada di cagar alam wae wuul yang berada di daratan pulau folores namun tidak termasuk wilayan taman nasional hewan komodo.

Tentunya kita akan penasaran pergi ke komodo island trip bersama keluarga. Ada beberapa hal yang dapat menarik perhatian banyak pengunjung yang tentunya mempesona. Jika kita biasanya hanya bermain di pantai yang berpasir cokelat atau pun putih, namun kali ini kita dapat menemukan pantai dengan pasir yang berwarna pink.

 Di dunia ini hanya terdapat 7 pantai yang mempunyai pasir berwarna pink dan salah satunya yaitu di pulau komodo. Pasir yang berwarna pink ini dari campuran pasir putih dan juga pasir yang berwarna merah. Di pulau ini kita dapat melihat 277 spesies hewan yang berasal dari asia dan juga australia. Selain itu pulau ini juga merupakan surganya ikan dan juga terumbu karang. Setikan disini terdapat 253 spesies karang yang membentuk terumbu, 7000 sponge dan 1000 ikan.

Kadal raksasa atau pun hewan purba ini pertama kali di temukan pada tahun 1910 oleh direktur museum zoologi bogor yaitu Peter Ouwens dan pada saat ini hewan komodo hanya bisa ditemukan hanya dinegara kita saja. DI pulau ini terdapat sekitar 2500 ekor hewan komodo yang tentunya hal ini akan membuat kita bangga. Jadi kita harus pergi ke komodo island trip untuk melihat secara langsung hewan langka yang tidak ada di tempat yang lain.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar