4 Teknik Tepat Agar Terbiasa Belajar Dengan Efesien



Bisa memahami pelajaran dengan mudah memang membutuhkan teknik tersendiri. Namun setiap teknik yang ada jelas bisa disesuaikan dengan kemampuan dan passion setiap pelajar dalam gaya belajarnya. Namun, pada hakikinya, menciptakan kondisi belajar yang efesien tetaplah sukar. Terlebih mengingat menjadi pelajar juga dituntut dengan tumpukan tugas yang membuat belajar jadi lebih sulit efesien karena harus mengatur pola belajar di sekolah bahkan ditempat kursus belajar  yang diikuti.

Namun tenang saja, meski jadwal kegiatan semakin padat, belajar akan tetap efesien jika Anda menggunakan 4 teknik ini:

1. Buat Catatan Kecil/Tulis Kembali Mengenai Apapun yang Anda Pelajar



Tidak mudah mencerna semua materi yang dipelajari. Dengan demikian, agar lebih mudah, coba buat catatan kecil mengenai apapun yang Anda pelajari. Catatan kecil ini bisa mencakup rangkuman materi atau point penting hingga tidak akan terlalu sulit saat memahaminya kembali.
2. Tentukan Jadwal Rencana Kegiatan Setiap Harinya Namun Prioritaskan Tugas Anda




Selanjutnya, agar belajar lebih efesien, coba buatlah jadwal kegiatan setiap hari. Ini memang hanya rencana, namun berawal dari mengatur rencana, percayalah Anda akan lebih pintar me-manage waktu Anda. Dan dengan management waktu yang baik, belajar efesien juga bisa diciptakan.
Oleh karena itu, biasakan membuat rencana kegiatan setiap harinya, termasuk mencantumkan belajar sebagai salah satu kegiatan rutin. Namun, pastikan tugas tetap menjadi prioritas bagi Anda.

3. Membuat Sebuah Analogi atau Cerita untuk Mempermudah Pemahaman Belajar Anda



Cara lain agar belajar lebih efesien adalah dengan membuat analogi atau cerita pada materi yang Anda pelajari. Misalnya Anda sedang mempelajari proses terjadinya gerhana bulan.
Coba buatlah rangkuman dengan kata-kata sendiri yang kreatif, menggunakan kata-kata yang memang lebih santai layaknya sedang menulis diary. Cara ini tentu akan lebih mudah dipahami dan diingat dengan baik. Mungkin artikel mengenai tips belajar efektif ini bisa membantu proses belajar Anda.

4. Istirahat Setiap 5 Menit Per Jam




Belajar dengan sungguh itu memang harus, namun Anda juga perlu memikirkan kondisi badan Anda. Jangan sampai Anda stress hanya karena merasa terbebani. Dengan demikian, istirahatlah setidaknya
 5 menit dalam setiap jamnya.

Dengan melakukan 4 teknik diatas, dan rutin melaksanakannya, percayalah belajar yang efektif bisa Anda ciptakan dengan mudah dan bisa Anda lakukan ketika Anda melakukan kegiatan kursus belajar, sekolah sampai kuliah. Kemudian, lihatlah perkembangan nilai Anda kedepannya saat bisa membiasakan 4 teknik di atas.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

1 komentar: