5 Penyebab Anak Susah Buang Air Besar

5 Penyebab Anak Susah Buang Air Besar

Saat anak-anak mengalami buang air besar (BAB) tentu menjadi kekhawatiran bagi setiap orang tua. Apalagi jika masalah BAB yang dialami oleh anak terjadi selama berhari-hari, tentu semakin membuat orang tua menjadi serba salah. Dari itu sebagai penanganan bagi anak susah bab harus diketahui terlebih dahulu tentang apa saja penyebab dari susah buang air tersebut.

Ada banyak penyebab yang bisa menjadikan anak susah bab dari itu untuk kemudahan dalam menanganinya, mengetahui pula penyebabnya bisa dilakukan dengan memperhatikan 5 penyebab anak susah bab berikut ini.

Pola makan yang buruk. Pola makan yang buruk bisa menjadi penyebab utama anak mudah sekali mengalami kesulitan bab. Misalnya kurangnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran atau buah-buahan, atau bisa juga karena kurangnya asupan cairan yang dikonsumsi oleh anak.

Berat badan yang tidak ideal. Berat badan anak yang tidak ideal seperti terlalu gemuk atau anak yang terlalu kurus, juga bisa menjadi salah satu penyebab anak mudah mengalami susah buang air besar (konstipasi. Jadi untuk hal ini pastikan anda memperhatikan akan berat badan dari anak.

Sering menunda bab. Anak-anak yang terlalu sering main sehingga saat ingin buang besar selalu ditunda-tunda juga bisa menjadi penyebab susah bab. Apalagi jika hal ini terus-terusan terjadi bisa menjadi lebih sulit saat ingin bab nantinya.

Pengaruh dari obat-obatan tertentu. Bagi anak yang sedang menjalani terpai tertentu dengan mengkonsumsi obat-obatan bisa jadi ada efek sampingnya pada pencernaan yang terganggu. Dampaknya anak menjadi kesulitan untuk buang air besar. Dari itu anda bisa perhatikan obat-obatan tertentu jika anak diharuskan untuk mengkonsumsinya.

Kurangnya asupan cairan. Kurangnya asupan cairan semisal karena kurang minum air putih atau yang lainnya, bisa menjadi penyebab anak sulit buang air besar. Hal ini sering terjadi karena anak yang terlalu asyik bermain sehingga dalam konsumsi cairan menjadi terlupakan.

Dari berbagai penyebab anak kesulitan buang air besar sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikannya asupan nutrisi yang tepat sesuai usianya. Dan untuk hal ini memberikan susu terbaik Dancow bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak anda.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar