Pengertian Bisnis UKM

Pengertian Bisnis UKM
Sangat penting bagi siapapun, apalagi bagi anda yang terbiasa menjadi pelaku bisnis untuk mengetahui apa sebenarnya pengertian dari bisnis UKM tersebut. Bisnis UKM, jika dilihat dari modal usaha serta volume usahanya, maka bisnis ini memiliki modal yang cukup terbatas. Keterbatasan modal yang dimiliki berimbas kepada volume usaha yang kecil. Bisnis Usaha Kecil dan Menengah atau bisnis UKM adalah suatu bentuk usaha kecil yang dibangun oleh masyarakat yang terbentuk atas inisiatif seseorang. 

Masyarakat yang dimaksud disini adalah mereka yang belum termasuk sebagai kalangan atas, mampu atau orang kaya. Namun, kondisi modal yang kecil tersebut bukan berarti bahwa bisnis UKM ini tidak memiliki harapan. Bisa jadi bisnis ini akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi pelakunya, jika dia mampu mengelolanya dengan baik. Bisnis UKM sebetulnya bisa memberikan peluang yang sangat besar bagi para usahawan untuk mengembangkan usahanya dalam skala yang lebih besar lagi. Bisnis UKM bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk melakukan kegiatan usaha yang lebih besar lagi di masa yang akan datang.

Bisnis Usaha Kecil dan Menengah atau biasanya disingkat dengan bisnis UKM merupakan sebuah istilah yang mengacu jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Kegiatan usaha kecil ini merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. 

Bisnis UKM sangat berperan penting untuk mengatasi dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu, bisnis UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan pada negara. Artinya, bahwa kita jangan pernah meremehkan bisnis UKM ini. Pada dasarnya, bisnis UKM adalah bisnis yang memberikan peran penting atas pertumbuhan ekonomi suatu negara. Terlebih jika negara tersebut merupakan negara kecil yang sedang dalam masa perkembangan.

Demikian sekilas penjelasan tentang pengertian bisnis UKM, yang bisa anda jadikan referensi serta menjadi bahan pertimbangan untuk menggeluti bisnis UKM, agar usaha yang akan anda lakukan nanti bisa memberikan hasil yang optimal dan memuaskan anda.




Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar