Kerja sama UI dengan International university

Kerja sama UI dengan International university
Salah satu tantangan era globalisasi adalah masuknya dokter asing ke Indonesia secara bebas. Untuk menjawab tantangan tersebut, pembentukan kelas khusus internasional (KKI) diharapkan dapat menjadi solusi penting oleh FKUI. Program KKI dirancang untuk mencetak dokter yang mampu bersaing dengan lulusan dari negara lain dan memiliki kompetensi berstandar internasional. Tentunya dalam menjalankan program ini perlu menjalin kerjasama dengan international university yang mempunyai jurusan kedokteran.

Lulusan KKI juga ditargetkan bisa mengikuti pendidikan pascasarjana di lembaga pendidikan kedokteran berskala internasional. Dengan menggunakan kurikulum berskala internasional, mahasiswa didorong untuk dapat mengembangkan metode atau cara belajarnya agar lebih efektif dan efisien. Harapan lain adalah mahasiswa juga ditargetkan dapat mengembangkan ketrampilan sains dan klinis mereka melalui berbagai sumber akademis yang berkualitas.

Strategi yang diterapkan dalam program kelas khusus internasional (KKI) melibatkan kolaborasi internasional, yaitu University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle Upon Tyne. Oleh karena itu, program KKI di FKUI memiliki nilai ganda, yaitu dokter (Universitas Indonesia) dan Sarjana Ilmu Kedokteran (Universitas Melbourne/Monash/Newcastle).

Mahasiswa program KKI akan menjalankan program studi ke luar negeri (Australia atau Inggris) di tahun ke 4 selama satu tahun. Program yang dilakukan di universitas dalam bentuk kursus atau proyek penelitian. Siswa memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang seluk beluk penelitian dan menerapkannya pada proyek penelitian.

Kegiatan akademik dalam Program kelas khusus internasional (KKI) dilakukan dalam bahasa Inggris, baik dalam perkuliahan, diskusi, praktikum, tugas, atau ujian. Pemakaian bahasa Inggris ini memiliki tujuan untuk lulusan kelas khusus internasional (KKI) agar mampu melakukan pembelajaran kedokteran dalam bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional.

Program kelas khusus internasional (KKI) dirancang untuk mengembangkan profesionalisme dan kelas ini menggunakan kurikulum berstandar internasional. Kondisi dalam kegiatan belajar mengajar memungkinkan siswa untuk mengembangkan pembelajaran mereka dan untuk mengeksplorasi kemampuan melalui berbagai sumber akademik untuk meningkatkan keterampilan di bidang ilmu kedokteran. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kerja sama UI dengan International university, semoga bermanfaat bagi kehidupan anda.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar