Motorik Anak, Perkembangan Motorik halus

Motorik Anak
Motorik halus adalah gerakan tubuh yang melibatkan otot kecil koordinasi mata-tangan. Tidak semua kemampuan motorik anak akan sama, karena bisa dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulai yang didapatkannya. Tak hanya itu, faktor lingkungan bisa juga berpengaruh besar dalam kecerdasan Motorik Anak, baik dalam meningkatkan maupun menurunkan taraf kecerdasan motorik halus anak.

Jika mendapatkan stimulasi yang tepat, maka anak Anda akan mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal. Dalam masa perkembangan Motorik Anak, di setiap fase perumbuhannya anak akan selalu membutuhkan rangsangan untuk mengembangkan kemampuan motorik halusnya. 

Apabila rangsangan yang didapat anak itu kurang, maka yang akan terjadi adalah anak akan merasa bosan, dan bahkan akan meninggalkan atau mengalihkan perhatian kepada hal lain. Jika terjadi seperti ini maka anda sebagai orang tua tidak boleh serta merta memaksa anak untuk meneruskan apa yang ingin anda ajarkan terhadap anak, karena tekanan yang ia dapatkan hanya akan mengganggu usaha yang ingin sebenarnya dilakukan oleh anak Anda
Motorik Anak
Perkembangan motorik halus anak bisa anda lihat dari tahapan usianya, dimulai dari usia 3 tahun, anak Anda akan bisa menggambar dan mengikuti bentuk, menarik garis vertikal dan menjiplak bentuk lingkaran, membuka-menutup kotak serta menggunting kertas mengikuti pola garis lurus. 

Mulai memasuki usia 4 tahun anak Anda akan mulai bisa menggambar sesuatu yang diketahui, bukan yang dilihatnya, mulai menulis sesuatu dan mampu mengontrol gerakan tangannya sendiri, menyelesaikan puzzle 4 keping, dan menggunting zig-zag, melengkung. Dan disaat umur 5 tahun, anak Anda akan mulai bisa melipat, menggunting sesuai pola, meniru tulisan, menyusun mainan, dan mewarnai lebih rapi tidak keluar garis.

Dalam perkembangan Motorik Anak, khususnya motorik halus anak, diperlukan sebuah kandungan nutrisi yang baik bagi perkembangan otaknya. Kandungan nutrisi tersebut suka terdapat pada buah, sayur-sayuran, susu, dan lain-lain. 

Dalam susu Dancow tepatnya, terdapat banyak sekali kandungan nutrisi dan kandungan bermanfaat lainnya. Bagi tumbuh kembang anak tentunya akan bermanfaat sekali bila meminum dancow secara rutin.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar