Strategi Sukses Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner
Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner – dalam setiap tindakan dan keputusan yang telah di tetapkan, tentunya diperlukan strategi jitu agar usaha dapat bertahan dan berkembang. Terdapat beberapa strategi bisnis usaha kuliner yang dapat Anda terapkan agar usaha berkembang dan mempunyai nilai tambah dalam menghadapi kompetisi pasar.

Berikut ini adalah business plan usaha kuliner:
Strategi Operasional
Strategi operasional yang dimaksud adalah produk yang tercipta memiliki kualitas yang baik, unik serta sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Membuat desain kemasan menarik
Memilih merk yang bernilai jual
Memiliki standar baku mutu produk. Standar produk usaha kuliner dapat berupa rasa, ukuran dan dan bahan baku. Gunakan standar ukuran gram dalam resep masakan kuliner Anda
Membuat daftar menu. Jika Anda memiliki usaha catering, maka Anda harus membuat siklus menu harian selama satu bulan. Buatlah dengan teliti serta perhatikan variasi menu

Buatlah perencanaan Sumber Daya Manusia.
Tentukan kapasitas produksi serta harga jual. Tetapkan harga jual yang dapat bersaing dengan kompetitor lain, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
Perencanaan manajemen persediaan yang menggambarkan jumlah persediaan paling minimum
Pengendalian dan pengawasan kualitas produk
Perencanaan distribusi dilihat dari seberapa besar kapasitas produksi dan bagaimana proses distribusi
Strategi Pemasaran
Memiliki bisnis kuliner tentu terkait dengan pemasaran. Berikut ini adalah tahapan dalam menyusun strategi pemasaran:
Analisa SWOT

Menggunakan Marketing Mix
Pemilihan metode promosi yang tepat
Mengutamakan pelayanan konsumen yang maksimal. Inti dari penjualan adalah pelayanan konsumen yang maksimal

Strategi Keuangan, agar usaha dapat berjalan baik dan lancar, maka diperlukan perencanaan anggaran keuangan. Rencana keuangan terdiri dari laba, rugi, arus kas, neraca dan anggaran produksi.

Merintis usaha memang tidak mudah, akan tetapi lebih sulit lagi adalah mempertahankan. Diperlukan strategi bisnis kuliner yang matang agar usaha yang di rintis mampu survive dan berkembang. Segera buat strategi perencanaan usaha Anda!

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar