4 Tahapan Berbisnis Yang Wajib Anda Ketahui

Hasil gambar untuk 4 Tahapan Berbisnis Yang Wajib Anda Ketahui
Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Banyak sekali hal-hal penting yang mesti Anda persiapkan sebelum memulai bisnis. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran. Jika Anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha Anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. 

Oleh sebab itu, banyak calon pengusaha yang menggunakan jasa konsultan bisnis. Mereka berharap bisa mendapatkan strategi dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha yang akan ditekuni. Dalam artikel ini akan kami sajikan tentang tahapan berbisnis dengan modal yang relatif kecil. 

Mari kita simak ulasannya:

1. Tentukan Jenis Usaha Anda

Salah satu dalam tahapan berbisnis adalah menentukan jenis usaha. Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting bagi Anda untuk menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis saat ini yang memiliki prospek cerah. Selain itu, sebaiknya jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Percuma menjalankan sebuah usaha tetapi Anda tidak menyenanginya. Anda akan setengah hati dalam mengembangkan usaha tersebut. Malahan, Anda bisa menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis Anda tidak sesuai yang diharapkan.

2. Segera Lakukan Survei

Setelah Anda menentukan jenis usaha yang akan Anda geluti, langkah selanjutnya adalah melakukan survei dilapangan. Kenapa harus melakukan survei? Hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha Anda tersebut. Apakah memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi atau tidak.

3. Menyiapkan Modal

Merintis usaha sendiri dari nol bukan berarti nol modal. Anda tetap membutuhkan modal untuk mengawali usaha Anda. Berapa modal yang Anda butuhkan? Tergantung usaha yang ingin Anda buka. Pada umumnya, usaha dengan modal kecil maupun besar hampir sama peraturannya. Anda harus tahu berapa modal yang dianggarkan untuk memulai usaha tersebut.

4. Perencanaan yang Matang

Yang tidak boleh terlewatkan dalam tahapan berbisnis adalah perencanaan yang matang-matang. Merintis usaha sendiri dengan modal kecil bukan berarti asal-asalan. Anda butuh persiapan dan perencanaan yang matang dalam memulai usaha Anda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha. 

Perlu Anda ketahui, hampir semua kegagalan pelaku bisnis terjadi akibat kurangnya persiapan dan perencanaan yang baik dalam mengelola bisnis mereka. Jika sudah demikian, keuntungan tidak bisa diraup, modalpun habis.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar