Perbedaan Kelebihan Oli Sintetik Dengan Oli Mineral

Gambar terkait
Jenis oli sintetis merupakan jenis oli yang sangat direkomendasikan untuk anda gunakan sebagai pelumas mesin kendaraan anda. Dan untuk merk oli sintetis yang sangat disarankan untuk anda gunakan saat ini adalah Top 1. Ya, Top 1 merupakan jenis oli sintetik terbaik yang sejak dulu kala diyakini sebagai merek oli mesin kendaraan yang sangat membantu mesin kendaraan selalu memiliki performa yang sangat prima dan luar biasa. 

Jika kita perhatikan secara seksama, ada dua jenis oli mesin kendaraan baik motor maupun mobil yang saat ini bisa kita temukan di pasaran. Kedua jenis oli tersebut adalah oli sintetik dan oli mineral biasa. Kedua jenis oli tersebut merupakan oli yang memiliki fungsi sebagai pelumas yang bertugas meminimalisir gesekan atau keausan komponen mesin yang terjadi saat mesin bekerja. Pelumas yang bekerja secara efektif akan memperpanjang usia mesin sehingga lebih awet masa pakainya. Selain berfungsi sebagai pelumas oli mesin juga memiliki fungsi lain sebagai pendingin, pembersih dan penutup celah antar mesin. 

Hasil gambar untuk Oli Synthetic top 1

Pelumas yang baik selain bertugas mencegah keausan pada mesin juga dapat meringankan kinerja mesin. Namun, jika kedua jenis oli tersebut dibandingkan, maka jenis oli sintetis merupakan jenis oli yang sangat direkomendasikan untuk anda gunakan sebagai pelumas mesin kendaraan anda. Dan untuk merk oli sintetis yang sangat disarankan untuk anda gunakan saat ini adalah Top 1. Ya, Top 1 merupakan jenis oli sintetik terbaik yang sejak dulu kala diyakini sebagai merek oli mesin kendaraan yang sangat membantu mesin kendaraan selalu memiliki performa yang sangat prima dan luar biasa. 

Berbeda dengan oli sintetik terbaik Top 1, oli mineral merupakan produk atau varian yang berasal dari minyak bumi. Oli mineral merupakan hasil turunan dari proses penyulingan fraksional minyak bumi. Oli jenis ini terdiri dari unsur alam seperti alkaline dan cyclic paraffin. Sebelum ditemukan pengembangan oli sintetik, oli mineral sempat mendominasi pasar pelumas mesin. 

Ada beberapa perbedaan mencolok dalam hal kelebihannya antara oli sintetik terbaik Top 1 dengan oli mineral biasa, yaitu sebagai berikut :

1. Oli Sintetik.
  • Oli sintetik cenderung lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile) sehingga memiliki kadar penguapan yang rendah.
  • Dapat mengendalikan atau mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
  • Melumasi dan melapisi logam lebih baik sehingga mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
  • Lebih awet (tahap terhadap oksidasi)
  • Menjaga mesin lebih dingin (mengurangi gesekan)
  • Dapat membersihkan mesin dari kerak oli mineral

2. Oli Mineral.
  • Saat mesin (piston dan blok piston) dalam keadaan baru dianjurkan untuk menggunakan oli mineral. Struktur molekul oli mineral yang tidak rata dapat membuat komponen dan suku cadang mobil saling mengikat satu sama lain sehingga komponen mesin baru bisa bertaut dengan pas dan beradaptasi dengan mekanisme.
  • Harganya yang jauh lebih murah dibandingkan oli sintetik.


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar