Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Agar Sehat

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Agar Sehat
daya tahan tubuh anak

Memiliki buah hati merupakan impian bagi setiap keluarga terutama ibu. Oleh sebab itu, Ibu pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tentunya, setiap Ibu ingin anaknya selalu sehat dan jauh dari penyakit. Untuk itu, Daya Tahan Tubuh Anak harus dijaga dengan sangat baik.

Pada dasarnya, sumber dari segala penyakit berasal dari ketidakmampuan tubuh untuk melindungi dan melawan bakteri atau virus. Jika sistem perlindungan tubuh tidak dijaga, maka sang anak akan mudah terserang penyakit.


Pemberian asupan dan gizi seimbang merupakan salah satu faktor terpenting agar anak sehat. Akan tetapi, terdapat faktor-faktor lain juga yang harus dijaga agar anak senantiasa terlindungi.

Tips Menjaga Kesehatan Anak
Ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk melindungi sang buah hati dari berbagai virus dan bakteri. Berikut ini ringkasan cara meningkatkan imun tubuh secara alami :

1. Minuman probiotik
Anak bisa diberikan minuman yang mengandung bakteri baik (probiotik). Dengan mengkonsumsi minuman tersebut maka bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh akan dilawan oleh bakteri baik. Jika bakteri jahat sudah dibersihkan tentunya anak terhindar dari penyakit.

2. Menjaga asupan makanan
Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang baik adalah makanan yang segar misalkan buah-buahan serta sayur-sayuran. Buah dan sayur baik kaya akan antioksidan dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kurangi makanan yang tergolong makanan cepat saji dan olahan. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, makanan cepat saji mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh.

3. Susu formula terbaik
Berikan susu formula terbaik bagi anak sebagai kecukupan gizi 4 sehat 5 sempurna. Daya tahan tubuh anak bisa dijaga dengan mengkonsumsi susu formula terbaik. Kandungan susu yang baik mendukung kebutuhan nutrisi kecil untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya.

4. Jaga kualitas tidur
Kualitas tidur berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh anak. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh tidak mampu melawan virus dan bakteri yang masuk. Pada anak-anak umumnya memiliki waktu tidur yang berbeda-beda. Bayi membutuhkan 18 jam, balita 12 jam dan anak pra sekolah 10 jam untuk tidur berkualitas.

5. Olahraga
Olahraga merupakan salah satu obat tradisional untuk kekebalan tubuh anak. Ajak anak untuk berolahraga rutin daripada hanya bermain saja. Selain menjaga kekebalan tubuh anak, olahraga bersama juga mempererat hubungan antara orang tua dan buah hati.

Berbagai hal akan dilakukan untuk melindungi sang buah hati. Agar tidak mudah sakit, anak memerlukan olahraga rutin dan tidur yang cukup. Tidak hanya itu, anak juga membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup serta asupan makanan yang baik.

Oleh karenanya, berikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk anak. Jika kebutuhan nutrisi anak tercukupi, maka daya tahan tubuh anak akan meningkat. Sistem imun tubuh yang meningkat membuat si kecil terhindar dari berbagai macam penyakit dan selalu sehat.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar