Tips Membeli Anting Berlian Asli Agar Tidak Salah Pilih

Anting Berlian Asli
Berlian adalah perhiasan berkualitas baik yang banyak didambakan setiap orang. Berlian sendiri sering disematkan pada beberapa jenis perhiasan lain, seperti anting. Anting berlian asli adalah perhiasan yang umumnya digunakan oleh para wanita. Anting adalah perhiasan yang begitu indah. Banyak sekali model yang saat ini tersedia di pasaran, sehingga bentuk anting tidak memiliki model yang monoton seperti pada zaman dahulu.

Anting Berlian Asli
Sayangnya, tidak semua penjual perhiasan menawarkan produk berlian yang asli. Beberapa penjual naka menyematkan berlian palsu pada perhiasan anting yang dijualnya. Lalu, bagaimana cara kita membedakannya? Ada beberapa kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk membedakannya. Simak berikut caranya:

1. Cek Keaslian dengan Menggunakan Alat

Penjual terkemuka biasanya memiliki sebuah alat khusus untuk mengecek keaslian berlian. Alat tersebut berupa alat digital yang dapat membuktikan keaslian berlian dengan persentase yang tinggi hingga mencapai 100%. Dengan alat ini, siapa pun bisa membedakan mana berlian asli dan mana berlian palsu tanpa perlu menjadi seorang ahli.

Jadi, mintalah si penjual untuk membuktikan keasliannya dengan alat tersebut. Nantinya, si penjual akan membuktikannya secara langsung pada Anda. Maka Anda pun akan mendapatkan anting dengan berlian yang terbukti 100% keasliannya.

2. Melalui Sertifikat Resmi

Berlian asli biasanya akan disertai dengan sertifikat resmi dari GIA. Sertifikat ini akan membuktikan keasliannya. Bisanya, penjual terkemuka akan menyertakan sertifikat untuk membuktikan keasliannya. Dengan sertifikat ini, Anda juga akan mendapatkan kualitas berlian yang terbukti keasliannya.

Tanyakan kepada penjualnya apakah anting berlian yang akan Anda beli disertai dengan sertifikat atau tidak? Dengan begitu, Anda akan mendapatkan berlian yang asli dan berkualitas.

3. Berlian Tidak Bisa Dibakar

Berlian asli tidak akan pernah terbakar jika dipanaskan atau terkena api. Jadi, jika Anda memiliki sebuah berlian yang diduga palsu, Anda bisa mencoba untuk membuktikan keasliannya dengan cara dibakar menggunakan api kecil. Jika berlian meleleh, maka bisa dikatakan bahwa berlian tersebut adalah palsu.

4. Berlian Tidak Mudah Rusak dan Tergores

Berlian adalah batu paling keras di muka bumi. Batu ini tidak akan mudah rusak dan tergores. Bahkan, jika Anda mencoba untuk mengampelasnya pun, berlian tidak akan pernah tergores sedikit pun. Inilah yang membedakannya dengan berlian yang palsu.

Berlian palsu mudah rusak dan tergores karena terbuat dari bahan yang lemah. Berlian palsu akan tergores dan cacat jika Anda mengamplasnya. Namun sebaliknya, berlian asli tidak akan pernah tergores sama sesekali.

5. Tes Menggunakan Air di Dalam Gelas

Anda juga bisa mengetahui keaslian berlian dengan cara yang sederhana. Ambillah air, lalu masukkan ke dalam gelas. Kemudian, masukkanlah berlian Anda ke dalamnya. Jika mengambang, atau berada di tengah-tengah gelas, maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu. Namun, jika berlian tenggelam, maka berlian tersebut asli.

Hal ini dikarenakan batu berlian memiliki bobot yang berat karena merupakan batu terkeras. Sehingga, berlian tersebut akan berada di dalam gelas. Cara ini merupakan salah trik yang sangat mudah untuk dilakukan.

Dari penjelasan diatas, sedikit banyaknya kini Anda akan mengetahui cara membedakan anting berlian asli. Salah satu cara lainnya adalah dengan membeli anting dari toko perhiasan terkemuka. Sehingga, Anda akan mendapatkan berlian terbaik dengan kualitas keaslian yang tidak perlu diragukan kembali kualitasnya. Hal ini penting diketahui karena keaslian berlian adalah salah satu faktor penting dalam memilihnya.


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar