Kualitas Berlian dan Cara Merawat Berlian

perhiasan berlian
Berlian adalah perhiasan dengan harga yang yang cukup mahal. Oleh karena itu, jika Anda ingin memilikinya, tetapi tidak bisa merawatnya, membersihkannya, dan tidak tahu bagaimana cara menyimpannya, maka lebih baik Anda menangguhkan terlebih dahulu untuk membeli batu permata tersebut.

Inilah 3 Hal yang Dapat Mengurangi Nilai Berlian


Pasalnya, ada beberapa hal yang dapat menurunkan nilai perhiasan berlian, yaitu bahan kimia yang sering digunakan, seperti yang ada di parfum, lotion, dan, kosmetik. Selain itu, klorin juga dapat membahayakan perhiasan emas yang memiliki berlian. Ada juga hal yang dapat menyebabkan berlian tergores. Berikut adalah detail informasi terkait hal yang dapat menurunkan nilai berlian tersebut.

1. Produk Perawatan Tubuh


Bagi perempuan, menggunakan parfum, lotion, kosmetik maupun produk perawatan kulit lainnya adalah hal yang lumrah. Akan tetapi, produk-produk perawatan kulit yang berbahan dasar ataupun mengandung bahan kimia, ternyata dapat merusak permukaan berlian. Bahan kimia meninggalkan residu atau jejak, sehingga dapat memudarkan warna berlian.
perhiasan berlian

2. Klorin


Jika berlian diikat pada emas, maka akan sangat membahayakan, jika perhiasan berlian itu terkena klorin. Pasalnya cairan kimia tersebut dapat membuat emas menjadi lunak. Dengan demikian, berlian yang diikat dengan emas, sangat berpotensi untuk lepas dari ikatannya dan terjatuh. Umumnya klorin dijumpai di kolam renang. Oleh karena itu, jika ingin berenang maka pastikan untuk melepas berlian terlebih dahulu.

3. Tergores dengan Berlian Lainnya


Walaupun dikenal sebagai batu dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi, tetapi berlian juga dapat tergores. Namun apa yang dapat menyebabkan hal tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah berlian lainnya. Oleh karena itu, jangan sekali-sekali mencoba untuk menggoreskan berlian satu dengan berlian lainnya. Goresan pada berlian akan mempengaruhi harga jualnya.

Cara Merawat Berlian agar Terjaga Kualitasnya


Sekarang Anda telah mengetahui hal-hal yang dapat menurunkan kualitas dari berlian. Lalu bagaimana cara untuk menjaga kualitasnya? Tak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga nilai atau kualitas dari berlian.

1. Jangan Letakan pada Tempat yang Sama


Jika Anda memiliki lebih dari satu berlian, maka jangan pernah meletakkan dalam satu wadah yang sama, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berlian dapat tergores oleh berlian lainnya.

Dengan demikian, Anda harus memisahkan kotak penyimpan batu permata tersebut. Namun jika Anda terpaksa untuk menyimpannya di wadah yang sama, maka bungkus berlian-berlian itu dengan kain yang lembut.

2. Bersihkan Rutin jika Sering Digunakan


Bersihkan berlian Anda secara rutin apabila jika Anda terus mengenakannya setiap hari. Cara yang sangat mudah, yaitu cukup menggunakan air hangat dan sabun. Rendaman air sabun dengan air hangat ternyata dapat membersihkan berlian dengan sangat mudah. 

Caranya cukup mencampur air hangat dengan sabun secukupnya. Kemudian merendam berlian selama 10 menit di dalamnya. Setelah itu, berlian digosok dengan lembut menggunakan kain lembut. Lalu sikat berlian dengan sikat gigi bayi dan terakhir bilas dengan air bersih, jika bisa air suling.

Untuk mengeringkan berlian, Anda bisa menggunakan kain lembut khusus untuk perhiasan atau juga bisa menggunakan kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata. Jangan menggunakan tisu ataupun kertas, karena akan meninggalkan serpihan serat. Agar terhindar dari bercak air, maka gunakan hairdryer dengan jarak yang tidak terlalu dekat.

3. Rutin Cek Kondisinya


Pada umumnya berlian yang disematkan pada perhiasan berlian, hanya direkatkan atau dijepit, sehingga sangat mungkin untuk bergeser. Oleh karena itu, jika Anda melihat berlian sudah tidak pada tempatnya atau sudah mulai bergeser sedikit saja, maka Anda harus segera memperbaiki posisinya di toko perhiasan Anda membelinya sebelum berlian terjatuh.

Itulah hal yang dapat mengurangi nilai dari berlian dan cara menjaga kualitasnya. Jika Anda ingin mendapatkan berlian yang berkualitas dan dan informasi seputar berlian lainnya, maka Anda bisa mengunjungi Frank & co. yang terkenal sebagai penjual berlian bersertifikat terbaik di Indonesia dengan model yang beranekaragam.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar