Ketahui Macam-Macam Pinjaman Dana

pinjaman dana
Pinjaman dana

Ada beberapa tindakan yang sering dijadikan solusi terbaik ketika membutuhkan dana mendadak yaitu pinjaman dana. Apalagi jika memiliki usaha yang ingin dibesarkan. Karena bisa langsung digunakan jika pengajuan diterima, maka dana tersebut akan langsung ditransfer.

Lantas, berapa dana yang bisa didapatkan? Itu tergantung dari pinjaman dana yang Anda pilih. Ada berbagai macam dana pinjaman, berikut penjelasannya.

Macam-macam dana pinjaman :


source : https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEiePlH6x9ADnMkxgth_8SJn8yrDLQne6kAkpFpvJMR2y8IMT69ZBmgA21zSmYNof5A3WdNsWji25gerZ_5KhiCqLjpKgyVVcRX5fU9VlQhJv5w3JUsWvZSTzBBOhfto6vDbKlQUGPPg02vVwHAHcYKX2VGa7jhtA8XclYnhXAKiScJd_Vks0Y9qTRyAnuwpudX-HPPC-zlJS1R4DbNGhnOiqPu9vUrGHYZV1TKn=


1. Dana pinjaman tunai tanpa agunan

Lebih dikenal dengan kredit tanpa agunan (KTA). Jenis pinjaman ini tidak memerlukan agunan atau jaminan, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari aset yang ingin dijaminkan. Tapi pinjaman dana ini memerlukan waktu yang lumayan lama untuk mencairkan.

2. Dana pinjaman tunai dengan agunan

Nama lainnya adalah kredit multiguna. Pinjaman ini mengharuskan Anda memberikan agunan atau jaminan. Jenis agunan yang bisa diberikan adalah surat tanah, surat rumah, atau BPKB kendaraaan. Semakin tinggi nilai aset, maka pinjaman yang Anda dapatkan juga semakin tinggi. Biasanya plafon pinjaman yang didapatkan berkisar 70-80%.

3. Dana pinjaman tunai untuk usaha

Pinjaman berikutnya adalah pinjaman yang dikhususkan untuk keperluan usaha saja. Atau nama lainnya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Ada dua jenis KUR, yaitu KUR untuk usaha mikro dan KUR untuk ritel. Keduanya berbeda berdasarkan adanya dan tidaknya agunan. KUR mikro diperuntukkan untuk usaha kecil tanpa agunan sehingga pinjaman yang didapatkan juga kecil, maksimal 25 juta. Sedang kan KUR ritel adalah pinjaman dengan agunan, jadi pinjaman yang didapatkan juga besar, maksimal 500 juta.

4. Dana pinjaman tunai koperasi

Pinjaman koperasi ini digunakan oleh masyarakat jika tidak mendapatkan pinjaman dari bank. Sangat mudah untuk mendapatkan pinjaman dari koperasi, Anda cukup menjadi anggotanya. Bahkan pinjaman tidak memerlukan agunan. Bunga dari pinjaman koperasi relatif lebih rendah dibandingkan bunga pinjaman lainnya. Hanya saja pinjaman tidak sebesar dana yang dikeluarkan oleh bank.

Itulah beberapa macam pinjaman dana yang bisa Anda pilih. Namun, meski ada berbagai jenis usahakan Anda untuk mempertimbangkan sebelum memutuskan meminjam.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar