Peluang Kerja Untuk Lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang cabang ilmu dari bidang desain. Jurusan ini mempelajari konsep komunikasi serta ungkapan kreatif, dan teknik media. Selain itu, jurusan desain komunikasi visual juga memanfaatkan elemen-elemen visual maupun seni rupa untuk menyampaikan pesan tertentu.

Idealnya seorang lulusan desain komunikasi visual mampu mengolah pesan yang akan disampaikan kepada objek dengan kreatif, efektif, komunikatif dan informatif. Hal ini dikarenakan, ketika masa-masa menuntut ilmu, mereka tidak hanya belajar desain, namun juga ilmu psikologis dan komunikasi.

Jika Anda masih ragu untuk mengambil jurusan ini sebagai jurusan kuliah karena bingung masa depan karir. Anda harus membaca tulisan ini dengan cermat, karena tulisan ini membahas pekerjaan yang cocok untuk lulusan DKV.



Setidaknya terdapat 7 pekerjaan yang cocok bagi lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual, diantaranya:

Illustrator


Illustrator adalah salah satu pekerjaan yang sangat diminati oleh lulusan DKV. Secara garis besar, illustrator menyiapkan gambaran ilustrasi untuk memberikan penjelasan atau memberikan pesan. Pemberian penjelasan dan penyampaian pesan ini berupa seni rupa atau gambar yang menarik.
Misalnya gambar pada iklan, cover novel, poster majalah dan sebagainya. Masing-masing illustrator memiliki hasil karya yang berbeda-beda tergantung karakter illustrator tersebut. Di era milenial kebanyakan orang lebih menyukai informasi berupa gambar daripada tulisan. Oleh karena ini peran illustrator dalam menyampaikan pesan pun sangat penting.

Website dan Mobile Design


Pekerjaan website dan mobile design merupakan prospek cerah bagi lulusan Desain Komunikasi Visual. Karena banyak perusahaan yang memerlukan profesi ini untuk menciptakan profil perusahaan, atau pada perusahaan yang bergerak di bidang website. 

Konsep dasar dari profesi desainer website atau mobile sudah dikantongi oleh lulusan Desain Komunikasi Visual. Sehingga ketika kerja nanti tidak akan kesulitan karena seluruh materi tentang dasar-dasar desain web dan mobile sudah pernah dipraktekkan.

Graphic Designer


Profesi sebagai graphic designer merupakan profesi yang sedang memiliki banyak peminat dan sedang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Khususnya untuk perusahaan-perusahaan yang bekerja dibidang industri kreatif. Seorang graphic designer harus membuat desain grafis untuk perusahaannya maupun klien perusahaan.

Photography


Profesi sebagai fotografer merupakan profesi yang sudah dikenal kebanyakan orang. Biasanya memang profesi ini muncul dari hobi. Profesi photography sangat dibutuhkan oleh perusahaan media, percetakan, penerbitan dan studio foto.

Creative Director


Cita-cita sebagai seorang creative director dapat terwujud jika Anda adalah lulusan Desain Komunikasi Visual. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan televisi, periklanan dan sebagainnya. Seorang creative director adalah pusat dari perusahaan yang bergerak di bidang industri.

Art Director


Anda senang mengarahkan sebuah tim di bidang seni digital? Nah pekerjaan sebagai seorang art director sangat cocok bagi Anda. Sebagai art director Anda harus mengarahkan tim yang bekerja di bawah Anda. Misalnya tim fotografi, illustrator, desainer grafis, fashion stylish dan sebagainnya.

Freelance Designer


Jika Anda baru lulus dari jurusan Desain Komunikasi Visual dan belum ingin terikat dengan perusahaan manapun. Maka menjadi freelance designer merupakan pilihan yang tepat. Pekerjaan dari freelance designer tergolong fleksibel. Selain itu freelance designer dapat menentukan harga dan bisa bekerja dengan lebih dari 1 perusahaan.

Jika Anda ingin sekolah Desain Komunikasi Visual, jangan sampai keliru! Pilihlah International Design School (IDS) Jakarta. International Design School Jakarta adalah sebuah sekolah design yang berstandar internasional.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar