Tips Mengatur Keuangan Ditengah Wabah Virus Corona

kartu kredit
Virus Corona atau Covid-19 masih menghantui sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di kota-kota besar. Dengan adanya wabah ini, berdampak langsung bagi kegiatan perekonomian masyarakat, termasuk bagi Kamu yang merasakan perubahan arus keuangan, kartu kredit, serta tabungan di keluargamu. 

Lantas apa yang harus dilakukan untuk tetap dapat mempertahankan stabilitas ekonomi keluarga? Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah tips mengatur ulang keuangan ditengah wabah virus corona dari #BankSinarmas, apa sajakah tips nya? Simak berikut ini. 

1. Mulai kelola tabungan darurat Kamu 


Kamu tentu memiliki dana darurat yang dipergunakan apabila terjadi keadaan mendesak dan secara tiba-tiba. Untuk itu, sekarang adalah waktu mendesak yang dimaksud untuk Kamu mengelola secara benar tabungan darurat tersebut. Tak hanya diperuntukkan sebagai pengeluaran saja, Dana tersebut juga harus menjadi tabungan darurat ini sebagai benteng terakhir dari stabilitas perekonomian keluargamu. 

(source:https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjJEs20oRqe813Ne3zbtFWPdppioQ_ExuMjgKdN_r3NQxj0849hQZ__FYQY0cLvR9xkoptQroPTudCLCK_UCtNZsXrhK6MPy9wGveBaKsD3K5CM3ndw8pTot9ulQl0wb-SFi9zilX0busmGTSf1I0TiryV6bRwLBRXB8MV3hfKk_cC0pkqum5rTXQGOjbOyZ6V-6Av9Z-qrOg=)

Dengan kata lain, setiap pengeluaran dari tabungan darurat ini harus dicatat secara mendetail, dan kemudian setiap Kamu mendapatkan pendapatan lain di tengah wabah ini, maka harus disisihkan sebaik mungkin untuk menjadi biaya darurat lainnya. 

2. Kesampingkan dahulu segala macam investasi Kamu 


Ada banyak tipe orang yang lebih percaya untuk menyimpan uang dalam bentuk investasi saham dibanding dengan tabungan atau bakan dana darurat. Faktanya, dalam beberapa minggu terakhir, pasar saham justru mengalami penurunan yang sangat signifikan. Untuk itu, ada baiknya bagimu kesampingkan terlebih dahulu kegiatan investasi dan berfokus pada dana darurat. jika Kamu memiliki beberapa saham, maka Kamu bisa menguangkannya dan menjadikannya sebagai dana darurat. 

3. Memberikan prioritas pada tiap tagihan yang ada 


Saat wabah seperti ini, Kamu dituntut agar terus berhemat dan meminimalisir pengeluaran sebesar mungkin. Maka dari itu, cobalah untuk memprioritaskan pada tiap tagihan yang ada. Dari sekian banyak tagihan yang Kamu miliki seperti kartu kredit, cobalah untuk melakukan identifikasi,mana saja yang harus didahulukan atau tidak terlalu mendesak. Jika Kamu merasa terlalu berat untuk membayar, cobalah untuk berkonsultasi dengan penyedia jasa kredit tersebut.

4. Meminimalisir pengeluaran sebanyak mungkin 


Di tengah wabah seperti ini bukanlah saat yang tepat untuk bersenang-senang. Kamu harus secara bijak mengurangi setiap pengeluaran yang ada di keluargamu. Usahakan untuk mengurangi sebanyak mungkin pengeluaran yang tidak begitu penting, sehingga Kamu hanya memprioritaskan pada pengeluaran utama sama. Beberapa hal seperti biaya hiburan, jalan-jalan, kemewahan, ataupun makanan-makan yang bukan makanan pokok lebih baik ditiadakan terlebih dahulu. 

Selebihnya, Kamu bisa menggunakan dana untuk kebutuhan darurat, seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya. Selalu ingat, bahwa sebelum wabah ini berakhir selalu ada kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. 

5. Saatnya utamakan kartu kredit 


Di saat-saat kesulitan ekonomi seperti ini, biasanya kartu kredit bisa menjadi penyelamat untuk kehidupan Kamu dan keluarga. Jika Kamu mengalami kemungkinan terburuk seperti kehilangan penghasilan, maka kartu kredit bisa diandalkan. Cobalah untuk menghubungi kreditur untuk berkonsultasi dan mendapatkan program kesulitan dalam pembayaran. 

6. Meniadakan sistem pembayaran auto debit 


Kamu mungkin tidak akan menyadari bahwa hal-hal kecil bisa merusak pola keuanganmu ditengah wabah seperti ini. Salah satunya seperti sistem pembayaran auto debit, dimana Kamu sendiri tidak akan sadar bahwa telah mengeluarkan uang. Untuk itu, segera matikan sistem pembayaran auto debit Kamu dan konsultasikan kepada pihak bank untuk mengurus hal ini menjadi lebih fleksibel lagi. 

Itulah tadi beberapa informasi tentang cara mengatur ulang keuangan Kamu di tengah wabah dan pandemi Corona ini. Jika Kamu ingin mendapatkan informasi lebih banyak seputar keuangan, dan kredit, melalui produk Bank Sinarmas dan temukan keuntungan yang bisa Kamu dapatkan sekarang juga. Tak hanya itu, Kamu juga bisa memenangkan kesempatan meraih hadiah menarik dari program #HipHipHorai dari Bank Sinarmas.

Program undian lucky Dip Hip Hip Horai ini adalah program loyalty untuk kamu pengguna atau calon pengguna aplikasi mobile banking SimobilPlus dari bank Sinarmas. Dimana kamu bisa mendapatkan setiap bertransaksi menggunakan aplikasi SimobiPlus. Temukan syarat dan ketentuan serta cara lengkapnya di https://www.banksinarmas.com/id/promosi/hip-hip-horai Selamat mencoba, dan raih keuntungan nya bersama bank Sinarmas #BiasakanSekarangLuarBiasaNanti #SimobiPlus #BankSinarmas #Hiphiphorai

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar