Serba-Serbi Kuliah di Jurusan Sistem Informasi

jurusan sistem informasi
Jurusan sistem informasi

Salah satu program pendidikan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa adalah jurusan sistem informasi. Hal ini tentu saja berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Sehingga, sangat dibutuhkan para profesional yang ahli di bidang sistem informasi. Kebutuhan berbagai instansi atau perusahaan terhadap lulusan jurusan SI pun semakin banyak. Maka dari itu, lulusan sistem informasi bisa dikatakan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di zaman modern ini.

Apakah Kamu juga ingin melanjutkan studi dengan kuliah di jurusan SI atau sistem informasi? Sebelum benar-benar mengenyam pendidikan di jurusan tersebut. Tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam apa itu jurusan SI. Apa saja yang akan dipelajari pada jurusan kuliah tersebut? Yuk, simak beberapa penjelasan berikut ini!

Mata Kuliah Program Pendidikan Jurusan Sistem Informasi



Setelah Kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan sistem informasi, maka ada banyak sekali mata kuliah yang akan dipelajari. Berbagai mata kuliah tersebut akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sehingga sangat bermanfaat untuk mendapatkan pengalaman terbaik sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

Pada jurusan kuliah sistem informasi, mahasiswa akan mempelajari beberapa pelajaran seperti struktur data, algoritma dan pemrograman, matriks dan transformasi linier, statistika data, sistem operasi, rekayasa perangkat lunak, matematika dasar, hingga jaringan komputer. Semua mata kuliah tersebut pastinya selalu ada di jurusan SI di berbagai perguruan tinggi mana pun.

Setelah mengetahui apa saja mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan SI, kini saatnya untuk membahas terkait apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin kuliah di jurusan tersebut. Nah, salah satu hal paling penting untuk dipersiapkan adalah kemampuan dalam bernalar dan berhitung. Dengan kemampuan ini, maka mahasiswa bisa menjalani perkuliahan sehari-hari dengan lebih enjoy. Jadi, pastikan Kamu menyukai matematika, menyelesaikan soal yang butuh berpikir menggunakan nalar untuk memecahkan kasus.

Pertanyaan selanjutnya adalah lulusan sistem informasi nantinya bisa kerja dimana? Ya, pertanyaan ini memang selalu menjadi salah satu pertanyaan yang sangat sering diajukan oleh calon mahasiswa yang berminat di jurusan tersebut. Tentu saja, lulusan sistem informasi memiliki kesempatan kerja yang sangat luas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Network Administration

Tugas seorang network administrator adalah memasang, merawat, sekaligus memperbaiki jaringan lokal serta jaringan internet di sebuah perusahaan tempatnya bekerja.

2. Software Developer

Seorang software developer bertugas sebagai pengembang sebuah software aplikasi. Untuk menduduki jabatan ini, lulusan sistem informasi tidak harus selalu bekerja di perusahaan IT. Namun, lulusan SI juga dapat bekerja di berbagai perusahaan dengan bidang apa saja yang membutuhkan software aplikasi. Bahkan, mereka juga bisa bekerja mandiri dengan membuka wirausaha di bidang IT.

3. Information Security Analyst

Tugas seorang information security analyst adalah untuk menjaga keamanan informasi data perusahaan, jaringan, serta software yang dipakai oleh sebuah perusahaan. Posisi ini sangat penting, pasalnya keamanan data perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga kerahasiaannya dan jangan diretas oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan sistem informasi, silahkan pilih sekolah terbaik yang memiliki jurusan tersebut. Salah satunya adalah STMIK IDS Digital College yang menjadi institusi pendidikan ilmu komputer terbaik bagi para mahasiswa S1.

STMIK IDS Digital College menerapkan proses belajar dengan cara pendekatan real world project. Pendekatan ini dilakukan dengan tujuan agar para lulusan ilmu komputer dari IDS Digital College bisa langsung siap bersaing dengan tantangan karir, menyelami dunia bisnis, serta terbiasa dengan pertumbuhan teknologi. Sehingga, sekolah ini sangat cocok dipilih jika ingin menjadi seorang ahli sistem informasi yang profesional.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar